Sabtu 27 maret 2021 merupakan hari dan tanggal yang sudah sangat dihafal oleh siswa. Kesempatan tersebut begitu ditunggu karena mereka telah menempuh waktu latihan yang cukup panjang dan harus menunda waktu wisuda karena pandemi virus corona. Namun pada akhirnya, Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah Sebanyak 283 yang terdiri dari 38 kelas murid kelas 1, 129 murid kelas 2, 105 murid kelas 3, 9 murid kelas 4 dan 2 murid kelas 5 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti wisuda tartili angkatan XII secara online.


Kegiatan berlangsung dengan sangat khidmat melalui zoom meeting. Acara pertama pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, QS. Al Qomar ayat 13-22 yang dibawakan oleh Muhammad Agung Abdul Quddus , dan pembaca sari tilawah Khalil ajwa Ainurrohim. Sambutan dari Biro Al-Quran LPP,ustad Darsitun,M.Pd.I menyampaikan dimana orang tua selaku pendamping siswa di rumah ditekankan betul peranannya. Tujuan dari Program Al Qur’an yaitu agar siswa mencintai Al Qur’an dan meyakini bahwa membacanya merupakan ibadah, siswa dapat membaca Al Qur’an dengan terampil dan tartil serta dapat memahami ilmu tajwid baik secara teori maupun praktek. Selain itu, dengan program Al Qur’an siswa terbiasa membaca Al Qur’an setiap hari dan hafal surat sesuai dengan target yang ditentukan.
Acara prosesi wisuda merupakan acara yang paling dinantikan. Dalam tanyangan video memperlihatkan Secara bergiliran setiap wisudawan wisudawati naik ke panggung, bersalaman dengan kepala sekolah dan menerima syahadah. Setelah acara prosesi wisuda selesai, pengumuman wisudawan wisudawati pun disampaikan. Beberapa siswa maju kembali ke panggung dan menerima piala penghargaan dan hadiah yang diserahkan Kepala Sekolah dan para Wakil Kepala Sekolah.
Sampai acara selesai, senyum dan wajah berseri-seri masih tampak mewarnai para wisudawan wisudawati dan para wali murid. Tak sedikit yang sesekali menyeka tetesan airmata bahagia menyaksikan putera puteri tercinta diwisuda.
Wisuda Tartili ini terselenggara secara rutin di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto sebagai wujud rasa syukur atas prestasi peserta didik dalam mempelajari Tartili.