Assalamualaikum teman semua

Hari Jumat, 07 februari 2020 kelas 1, SD Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto mengundang tokoh pengrajin keramik dari tanah liat oleh Bapak Muftakhin dari Purbalingga, beliau ahlinya membuat keramik dari bahan alam. Tema Kegiatan hari ini “Berkreasi menggunakan bahan alam”.  Kegiatan Ini dilaksanakan di lantai 2 dipandu oleh Ustazah Tatik, Sebelum acara inti dimulai anak-anak berdoa dan murojaah terlebih dahulu. Anak-anak disambut oleh Ustazah tatik dengan jargonnya yaitu “uwek-uwek taraaaa” begitulah jargon untuk menyemangati anak-anak.

Banyak bentuk dan macam-macam keramik, salah satunya yang disampaikan dan dipraktikan kepada anak yaitu keramik cetak dan olah tangan yang dibentuk sesuai kreasi mereka. Tidak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya membuat kerajinan tangan dari bahan tepung terigu, kali ini dibuat menggunakan tanah liat dari bahan alam. Anak-anak dikenalkan beberapa metode membuat keramik oleh pak muftakhin. Setelah demonstrasi selesai, anak-anak diberikan tanah liat sesuai kebutuhan dan diberikan cetakan, mereka bebas berkreasi sesuka hati mereka.

Kegiatan ini masuk dalam pembelajaran SBdP membuat kerajinan tangan dari bahan alam.

Manfaat membuat keramik dari tanah liat ini, salah satunya menambah wawasan  bahwa tanah liat bisa dibuat kerajinan tangan yang indah, melatih motorik anak dan ketrampilan dari masing-masing anak. Demikian kegiatan kami pada hari ini, tunggu kegiatan menarik kita selanjutnya. (Jesi)