WhatsApp Image 2018-02-01 at 07.58.28

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengadakan Simulasi Sholat Gerhana Bulan pada Rabu (31/1) diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 – 6 sejumlah 914 siswa di masjid dan aula sekolah. Simulasi dilaksanakan sesuai dengan tata cara sholat gerhana di bawah bimbingan guru. Imam sholat dipilih dari siswa yang paling fasih dalam membaca Al Qur’an dan baik hafalannya, diantaranya Nanda Rezqy Hartanto yang menjadi Juara Tartil Qur’an tingkat Jawa Tengah

Sebelum sholat dilaksanakan, siswa diberikan pengarahan dan penjelasan tata cara sholat gerhana sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW, sehingga pada waktu pelaksanaan simulasi, semua siswa dapat mengikuti dengan baik dan benar. Setelah sholat selesai diadakan khutbah singkat dan motivasi bagi siswa untuk mengikuti sholat gerhana yang sebenarnya di masjid-masjid terdekat dari rumah masing-masing. Para siswa nampak semangat untuk mengikuti kegiatan simulasi sholat gerhana dan untuk mengikuti sholat pada Rabu malam.

Kepala Sekolah, Alex Nanang A.S. mengungkapkan bahwa kegiatan simulasi sholat gerhana ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan keyakinan akan keagungan Alloh SWT yang telah menciptakan alam semesta dengan keteraturan dan yang menciptakan peristiwa-peristiwa alam yang menakjubkan seperti gerhana. Tata cara sholat gerhana juga berbeda dengan tata cara sholat seperti biasa sehingga siswa perlu diberikan latihan agar memahami tata caranya dan dapat mempraktikkannya dengan baik dan benar. Pihak sekolah berharap agar para siswa lebih mencintai sunnah Rasulullah dan termotivasi untuk melaksanakannya agar menjadi muslim yang taat dan memiliki karakter yang religius.