Sebanyak 64 anak yatim dan dhuafa menerima santunan dari SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Santunan diberikan oleh Kepala Sekolah, Alex Nanang Agus Shifa, S. Fil. I. , M. Pd. Kegiatan yang diadakan Sabtu, 17 April 2021 itu disaksikan oleh beberapa perwakilan wali murid kelas 6 dan sekaligus ikut menyerahkan paket santunan.

Paket santunan terdiri dari uang, Al Quran, alat tulis, dan sejumlah makanan. Dana santunan berasal dari infak murid kelas 6 selama satu tahun. Meskipun sedang berada pada masa pandemi dan tengah melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), murid kelas 6 tetap berinfak di rumah setiap hari. Infak yang terkumpul dikelola oleh sekolah dan disalurkan kepada anak yatim dan dhuafa.

Meskipun kegiatan santunan dilaksanakan di sekolah pada masa pandemi, protokol kesehatan tetap diberlakukan. Di antaranya adalah penjadwalan kedatangan penerima santunan, penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, penggunaan masker, dan penjagaan jarak.

Kegiatan infak dan santunan anak yatim dan dhuafa merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di lingkungan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan empati dan membiasakan diri berinfak.