SANG JUARA HAFIDZ INDONESIA

BERKUNJUNG KE SD AL IRSYAD 01 PURWOKERTO

Oleh : Oom Khuzaimah

Sebanyak 300 lebih siswa siswi beserta guru dan walimurid kelas percontohan Al Qur’an SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti acara mengundang tokoh Ahmad dan Kamil sang Hafidz Indonesia yang bertempat di Aula SD Al Irsyad 01 Purwokerto, Jum’at (07/02).

Sebanyak 300 lebih siswa siswi beserta guru dan walimurid kelas percontohan Al Qur’an SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti acara mengundang tokoh Ahmad dan Kamil sang Hafidz Indonesia yang bertempat di Aula SD Al Irsyad 01 Purwokerto, Jum’at (07/02).

Ahmad dan Kamil adalah anak-anak hebat yang telah menyelesaikan hafalan Al Qur’annya selama kurang lebih 6-8,5 bulan diusia 9 Tahun. Selain itu mereka juga telah menjuarai beberapa lomba tahfidz salah satunya yaitu juara 1 dan 3 Hafidz Indonesia 2017 dan mereka diundang dalam acara penutupan MTQ Moscow 2018 serta mendapat juara 3 diajang Hafidz Internasional di Jeddah. Dengan alasan tersebut inilah SD Al Irsyad 01 Purwokerto mengundang  2 anak didik dari ustadz Ike Muttaqin ini untuk menjadi tokoh yang dapat memberikan motivasi bagi siswa siswi SD Al irsyad 01 Purwokerto.

“Acara ini bertujuan memberikan motivasi khususnya bagi siswa siswi kelas percontohan Al Qur’an agar lebih semangat lagi dalam menghafal dan menjaga hafalan al Qur’annya. Dan bagi yang menyampaikan semoga menjadi amal jariyah yang pahala dan keberkahannya  akan senantiasa mengalir. Karena sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al Qur’an dan mengamalkannya. Teruntuk guru dan orangtua agar semangat dalam mendidik dan mencetak generasi yang cinta Al Qur’an”. terang Kepala Sekolah, Alex Nanang Agus Sifa.

Berdasarkan penjelasan dari Ustadz Ike Mutaqin selaku pendidik dan pengasuh sang hafidz Ahmad dan kamil menuturkan bahwa “Keberhasilan seorang anak dalam menghafal Al Qur’an adalah 80% dari orangtua dan gurunya, maka dari itu penting adanya bimbingan yang terus menerus dari orangtua dan guru. Selain itu kunci kesuksesan untuk menjadi penghafal Al Qur’an adalah: pertama Ketulusan dalam menghafal, kedua Kesungguhan, dengan maksud memiliki komitmen yang kuat untuk menghafal, ketiga Menghilangkan segala hal yang mengganggu dalam proses menghafal, contohnya Handphone, Games  dan lainnya, keempat Murajaah (Mengulang) secara terus menerus agar hafalan Al Qur’annya tetap terjaga. Selanjutnya, ketika anak sudah berhasil melaksanakan komitmen tersebut maka berikanlah reward sebagai hadiah atas kesungguhannya, sehingga anak termotivasi untuk terus menjadi lebih baik dalam menghafal Al Qur’an.” tutur Ustadz Ike Muttaqin.

Penyampaian motivasi tersebut merupakan salah satu rangkaian dari acara ini, selain itu juga acara ini di isi dengan penampilan memukau dari Ahmad dan Kamil berupa pengecekan hafalan kedunaya dengan menyebutkan halaman surat, juz, ayat, baris sampai pada terjemah nya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Semua peserta acara ini baik itu guru, walimurid maupun siswa-siswi SD Al Irsyad 01 sangat antusias dan merasa terharu sekaligus terpukau dengan hafalan yang dimiliki oleh keduanya. Semoga kelak kita memiliki lebih banyak lagi generasi yang mencintai Al Qur’an serta dapat mengamalkan apa yang didalamnya. Aamiin.