SEJARAH SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01

PURWOKERTO

gedung1

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Berdiri sejak masa penjajahan Belanda tepatnya tahun 1947. Kemudian tahun 1975 pendirian sekolah dikukuhkan dengan akte notaris K/201/IIIb/1975.

SD Al Irsyad 01  pada awalnya berbentuk Madrasah Ibtidaiyyah ( MI ) yang berlokasi satu komplek di jalan Ragasemangsang. Mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan pendidikan pada tanggal 1 Juli 1985 berubah menjadi format menjadi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto di bawah naungan Depdikbud.

Seiring perjalanan waktu, sekolah terus berbenah dan mencari referensi  untuk peningkatan mutu dengan studi banding ke sekolah-sekolah unggulan khususnya di Pulau Jawa. Salah satu hasilnya sekolah pernah berubah menjadi Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) dengan sistem full day school.

Selanjutnya sekolah terus mengembangkan diri dan selalu mengikuti akreditasi sekolah yakni tahun 1996, 2001 dengan jenjang akreditasi disamakan. Kemudian tahun 2007 akreditasi A (96,83). Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2009 sekolah mendapat status Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional ( RSBI ) dengan nomor SK 899/C2/DL/2009. Ketika pemerintah menghapus kebijakan RSBI dan SBI, SD Al Irsyad 01 Purwokerto tetap berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikannya untuk menghasilkan lulusan yang berakhlak karimah, berprestasi akademik dan non akademik tinggi.

Alhamdulillah berkat kerja keras seluruh civitas Al Irsyad Purwokerto sekolah saat ini telah mendapat kepercayaan luar biasa dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan jumlah peminat yang terus bertambah dari tahun ke tahun.