Sampah menjadi masalah tersendiri di lingkungan masyarakat. Tak terkecuali di lingkungan pendidikan dimana siswa mengkonsumsi makanan yanag ada bungkusnya. Hal inilah yang melatar belakangi warga SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto membuat program ecobrick

Pengalaman membuat ecobrick ini dirasakan langsung oleh siswa kelas 1 SD 01 Al Irsyad Purwokerto pada hari Sabtu kemarin.

Mereka sangat antusias membuat ecobrick, langlah demi langkah mulai dari menyiapkan botol plastik bekas, Sampah plastik bekas jajan, gunting dan tongkat. Langkah berikutnya adalah menggunting semua sampah plastik tersebut menjadi bagian-bagian kecil. Setelah itu mereka memasukkan sampah tersebut kedalam botol sampai berat botol mencapai 200gr (angka minimal utk 1 botol ecobrick).

Setelah jadi rencananya akan dibuat barang-barang seperti kursi, meja, gapura, tong sampah, rak buku, dll. Siswa melakukan hal ini dengan semangat membara didalam dada. Proses membuat ecobrick ini sekaligus juga melatih kesabaran dan ketekunan siswa. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa mengurangi masalah sampah disekolah dan membawa pengalaman berharga bagi siswa itu sendiri . Aamiin. (Luki)