Setiap guru selalu berupaya untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, lalu bagaimana pembelajaran yang menyenangkan itu?

Salah satu pembelajaran yang menyenangkan bisa di dapatkan melalui kegiatan outdoor learning.

Outdoor learning merupakan salah satu kegiatan pembelajaran diluar kelas yang beriorintasi pada alam.

Pada pagi ini, siswa kelas 2 SD Al Irsyad 01 Purwokerto memanfaatkan halaman sekolah untuk melakukan kegiatan pembelajaran, dengan tema “Alamku tempat belajarku”.

Semua siswa melakukan pengamatan terhadap tanaman yang ada dihalaman sekolah. Setelah mengamati, para siswa mengukur panjang daun pada tanaman tersebut dengan penggaris. Kegiatan ini sesuai dengan pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas 2 yaitu materi pengukuran.

Proses pembelajaran seperti ini akan dapat mengembangkan dan membangun suasana belajar yang menyenangkan, serta memotivasi dimana siswa tidak hanya berinteraksi dengan satu sumber belajar saya tetapi bisa belajar dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.

Dalam kegiatan ini, juga bisa mewujudkan sikap spiritual siswa mengenai keindahan ciptaan Allah dengan cara mengamati, menyelidiki dan menemukan sendiri segala sesuatu ciptaan Allah. (Imun)