Pagi ini saat mau masuk ruangan di lantai 3, saya liat ada beberapa siswa yang lagi duduk-duduk menunggu bel masuk sekolah sambil menghafal. Dengan logat khas Banyumas, saya coba iseng ngajak ngobrol sambil sedikit mengetes hafalan yang mereka miliki.
Ternyata lancar juga hafalan mereka saat dites beberapa ayat juz 29, padahal baru kelas 3 SD. Kalau saya inget masa kecil saya dulu, boro-boro juz 29, juz Amma saja baru berapa surat pendek yang dihafal dengan tajwid yang berantakan. Dan itu pun tidak saya dapatkan dari sekolah formal/SD tapi dari ngaji sore di madrasah.
Zaman sudah berubah. Lain dulu lain sekarang. Saat ini sudah banyak bermunculan SD-SD IT yang memiliki program Hafalan Al Qur’an. Bukan hanya itu, ada juga program pembentukan akhlak mulia sejak dini seperti pembiasaan makan minum sambil duduk, menjaga aurat, pembiasaan wudhu sholat di sekolah dan lain sebagainya. Bahkan, selain itu juga pembinaan prestasi di sekolah yang sangat terfasilitasi.
Maka tidak jarang ditemukan siswa yang multipotensi dapat tergali di sini. Nilai akademiknya bagus, juara OSN, juara Taekwondo dan sekaligus hafal banyak ayat Al Qur’an. Satu siswa dengan segudang prestasi karena potensi yang tergali.
===================
SEKOLAHNYA PARA JUARA
TERDEPAN DALAM AKHLAK MULIA @ SD Al Irsyad 01 Pwt