Purwokerto. Senin, 13 Agustus 2018. Ada yang menarik pada hari senin di bulan Agustus tahun ini. siswa kelas satu SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokero ikut serta memeriahkan bulan special bagi Indonesia. Bulan Agustus merupakan bulan yang memiliki moment tersendiri bagi seluruh rakyat Indonesia, karena pada bulan Agustus Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Moment tersebut pun menjadi ajang bagi siswa kelas satu SD Al Irsyad 01 Purwokerto untuk ikut meramaikan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yang jatuh tepat pada tanggal 17 Agustus.

Tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, siswa kelas satu

. Lomba pertama dimulai dengan estafet bendera oleh siswa putra. Lomba estafet bendera ini cukup menarik dan berbeda, karena selain mereka membawa bendera untuk estafet, mereka mengenakan sarung yang telah disediakan paara guru. Lomba berikutnya adalah estafet hoolahop yang diikuti oleh siswa putri. Kemudian lomba terakhir menyusun huruf menjadi kata dan kalimat “Indonesia Merdeka”, dilomba pamungkas ini hanya 5 siswa yang ikut serta disetiap masing-masing kelas.. Secara bergantian siswa putra dan putri melaksanakan perlombaan. Masing-masing kelas memiliki antusias yang tinggi, dimana mereka selalu bersorak mendukung rekan mereka yang sedang berlomba. Kemenangan setiap kelas ditandai dengan sorak sorai kebahagiaan.

Diakhir acara, guru memberikan kejutan bagi siswa dengan membawa kue donat yang telah disiapkan sebelumnya. Kue dona dihias dengan krim dan mesis merah putih. Menghias kue donat dilakukan secara mandiri oleh masing-masing siswa. Keceriaan terpancar saat mereka mulai memakan kue donat bersama-sama. Rasa syukur akan hari kemerdekaan Indonesia harus selalu ditanamkan kepada siswa-siswa sejak dini. Acara seperti ini selalu SD Al Irsyad 01 Purwokerto kemas dengan berbagai kemeriahan yang unik. Tujuannya adalah agar siswa memahami hakikat dari hari kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah rasa syukur kepada Allah yang memberikan kemerdekaan bagi Indonesia. (Rian Luthfiasih, S.Pd)