Sabtu, 29 Februari 2010 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto kembali mengadakan acara festival OSMOSIS yang diikuti oleh 165 siswa siswa dan 48 Stand terbaik. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Nur Fitriana, M.A dari direktorat pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan RI berlangsung meriah karena tidak hanya dihadiri oleh ratusan siswa tetapi juga dikunjungi wali murid yang penasaran akan karya yang dipamerkan pada acara tersebut.
Festival OSMOSIS yang digelar tahunan ini selalu menarik perhatian karena bakat dan karya yang dipamerkan adalah hasil kerja siswa selama sebulan dalam mengolah barang-barang sederhana bahkan barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,
Festifal OSMOSIS yang ke-3 kalinya diadakan di SD Al Irsyad 01 Purwokerto ini terdapat 48 karya terbaik siswa yang kemudian dipilih 10 terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan teman-teman, dari persentasi yang disampaikan dipilihlah 7 karya terbaik yang mempresentasikan hasil karyanya diaula tempat festival OSMOSIS berlangsung.
Dari 48 karya terbaik siswa dipilihlah juara 1 kompor penghasil listrik karya Ghea, Nada dan Syakira Juara 2 alat pemotong rumput karya Dzikri, Gallen, Azhar dan Danis, Juara 3 PLTG karya Aira, Luna, Anindya, Yasmin dan Anis. Masih banyak karya lainnya seperti Air Coller, ASUS, Mosquito Trap dll.
Festival OSMOSIS kali ini mendapat apresiasi dari Ibu Nur Fitriana, M.A yang menyaksikan langsung kemampuan siswa dalam persentasi dan beliaupun menyempatkan diri untuk berkeliling mengunjungi stand mengamati dan mencoba karya siswa yang didampingi oleh ustadz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil, M.Pd selaku kepala sekolah, ustadz Basuki Sulistyo, S.Pd selaku waka level 5 dan ustadah Titi Yuniarti, S.E selaku ketua acara festival OSMOSIS.

“Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664). (Gita)