Kamis, 10 Oktober 2019 tingkat 5 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 melaksanakan kegiatan mengundang tokoh, pada kesempatan kali ini pihak sekolah mengundang dr. Dhian Endarwati, Sp.A sebagai narasumber untuk memaparkan tentang permainan untuk anak-anak yang sehat, kegiatan yang dilakukan di ruang bawah tanah gedung 2 ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 5.

Game online yang biasa dimainkan anak-anak melalui HP, laptop, komputer dan media lainnya sering tidak sesuai dengan usia anak. Terkait permainan-permainan yang dimainkan tentang menyelamatkan seperti tembakan-menembak melawan, hal inilah yang menyebabkan peningkatan empati anak-anak dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga berhubungan negatif lainnya seperti kecanduan, malas, kurang tidur, mengura menyebabkan pusing karena melihat mata yang melihat berlebihan dan terhindar dari glaukoma yang bisa menyebabkan kebutaan dll.

Menurut WHO, kecanduan game sudah termasuk penyakit yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, atau sering disebut sebagai gangguan game. Sementara tanda-tanda anak sudah selesai, selesai kompilasi pulihkan, selalu berfikir tentang game.

Oleh karena itu perlu dipilih terkait permainan online seperti memilih waktu bermain, pilih jenis permainan yang sesuai dengan usia, WHO memberikan tidak lebih dari 2 jam dan meningkatkan iman dan taqwa.

Sementara solusi yang lain seperti bermain dengan permainan tradisional, yang memiliki berbagai manfaat seperti melatih otak kiri, kemampuan motorik, melatih kesabaran, menciptakan kreativitas, menumbuhkan rasa kekompakan dan melestarikan budaya Indonesia.

Selama acara berlangsung siswa sangat antusias mendengarkan dr. Dhian dalam menjelaskan pengaruh Game pada kesehatan yang disajikan sangat menarik dalam mengatasi masalah yang sering terjadi pada anak di era digitalisasi

“Jika dirimu tidak disibukan dengan hal yang baik, maka akankah disibukan dengan hal yang buruk” (Ibnu Qoyyim al Jauzi).

oleh: Gita Oktavianti