Setiap lembaga pendidikan selalu berupaya untuk menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang pembelajaraan. Hal ini terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di SD Al Irsyad 01 Purwokerto, hari tampak semua siswa kelas 2 sedang mengikuti kegiatan “Cooking Day”. Dalam kegiatan ini, sekolah menggandeng owner salah satu resto ternama di Purwokerto, yaitu ibu Erlin.

Tema Kegiatan cooking day ini adalah “Pemanfaatan Bahan Alam untuk Olahan Makanan”. Hal ini sesuai dengan tema pembelajaran di kelas 2 pada materi pemanfatan bahan alam.

Kegiatan ini diawali dengan memperkenalkan bahan-bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk makanan, diantaranya dapat digunakan untuk pewarna alami, pembungkus makanan dan untuk kreasi makanan.

Setelah siswa mengetahui pemanfaatan bahan alam, sekarang saatnya siswa melaksanakan kegiatan cooking. Mereka berkreasi membuat “Burger Sayuran” Tampak semua siswa sangat antusias dalam menampilkan kreasi burger mereka.

Kegiatan ini diakhiri dengan makan burger bersama, tak lupa kita sisipkan nilai spiritualnya yaitu tentang adab makan yang baik dalam lisan.