Rabu, 14 November 2018 SD Al Irsyad 01 Purwokerto mengadakan kegiatan cuci tangan bersama. Acara yang diselenggarakan berkat kerja sama antara sekolah dan puskesmas Purwokerto Timur diikuti oleh sejumlah 181siswa kelas 1 SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Kegiatan semacam ini sebenarnya rutin diadakan setiap tahun oleh sekolah. Namun kali ini ada beberapa hal menarik yang membuatnya berbeda dengan kegiatan serupa sebelumnya. Selain rangkaian penjelasan mengenai cara mencuci tangan yang baik menggunakan sabun, kegiatan finger painting menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan.
Setelah berbagai penjelasan diberikan oleh pihak puskesmas, siswa kelas 1 diminta untuk membuat gambar menggunakan tangan mereka. Mereka mengecap tangan menggunakan media pewarna makanan. Setelah itu merek diminta untuk mempraktikan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dengan sabun.
Menggosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, mengunci, ibu jari kanan dan kiri, terakhir ujung-ujung jari, merupakan tata cara mencuci tangan menggunakan sabun yang sesuai standar.
Setelah kegiatan berakhir, siswa diberikan makanan yang sehat sebagai pembelajaran bahwa setelah tangan bersih kita bisa menggunakan tangan untuk makan.
Acara ditutup dengan pemberian kenang kenangan dari sekolah untuk petugas kesehatan puskesmas Purwokerto Timur.
Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih sebagai bagian dari ritual keagamaan ataupun tujuan tujuan lainnya menurut pengertian dari mencuci tangan. Ayo galakan gerakan cuci tangan yang benar agar kita bebas dari kuman kuman penyakit.