Purwokerto, Rabu, 8 Agustus 2018 siswa kelas 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengadakan kegiatan Cooking Day bertema “Aku Suka Makan Jagung”. Buah merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Jagung adalah salah satu jenis buah yang berasal dari bijian atau grain. Buah jagung banyak mengandung karbohidrat sehingga sangat berguna bagi kesehatan tubuh terutama bagi perkembangan anak yang membutuhkan energi yang cukup pada masa pertumbuhan.

Anak usia sekolah dasar sangat aktif didalam kesehariannya, bermain dan berlari merupakan salah satu bagian rutin yang dilakukan. Demi menunjang keaktifan anak, tubuh yang kuat menjadi syarat terutama untuk kesehatan tulang mereka. Jagung mengandung banyak mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang berguna bagi terpenuhinya nutrisi tulang.

Kegiatan cooking day kali ini memilih jagung sebagai tema utama bertujuan untuk memperkenalkan kepada mereka bagaimana cara mengkonsumsi makanan yang sehat. Kegiatan ini mengajak siswa untuk mengetahui hasil olahan jagung dengan susu, keju, dan mesis. Selain memperkenalkan kepada mereka bahwa jagung adalah buah yang banyak manfaat, dalam kegiatan ini guru juga mengajari bagaimana cara mengolah jagung menjadi makanan yang siap untuk dikonsumsi.

Bahan yang diperlukan pada kegiatan cooking day kali ini ada jagung, keju, susu, mesis dan mentega. Pertama jagung dikukus dalam panci, kemudian dicampur mentega. Tambahankan keju, susu dan mesis saat jagung kukus telah dimasukan kedalam cup.

Masing-masing siswa membuat olahan jagung sendiri kedalam cup mereka. Setelah itu mereka harus menambahkan keju, susu dan mesisi. Tujuan dari hal tersebut selain untuk memperkenalkan  makanan sehat juga melatih kemandirian mereka serta kecakapan mereka dalam mengolah makanan secara sederhana.

Acara rutin tahunan ini diharapkan terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya dengan inovasi yang selalu baru serta menarik. Komitmen SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dalam mendukung perkembangan siswanya diharapkan terlaksana dengan baik. (Rian Luthfiasih, S.Pd)