Senin, 24 Februari 2020 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto menggelar kegiatan peluncuran buku antologi puisi Karya 80 siswanya. Kegiatan ini digelar di lapangan basement gedung dua seusai pelaksanaan upacara bendera. Kegiatan literasi di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto yang dikoordinatori oleh Ustazah Imalia Din Indriasih selaku wakil kepala sekolah sekaligus coordinator Kehumasan dan media, bermula dari kegiatan membuat puisi untuk siswa level atas, kemudian diseleksi dari segi orisinalitas dan plagiasinya, baru dari kaidah membuat puisi. Walhasil lolos 80 karya untuk dibukukan dalam buku antologi ber ISBN.
Seluruh siswa yang berkontribusi menulis dalam buku antologi tersebut mendapatkan satu eksemplar buku dan piagam penulis, disamping itu buku karya mereka juga disumbangkan ke sekolah-sekolah pelosok di seluruh Indonesia melalui program GSMB (Gerakan Sekolah Menulis Buku). Kedepan, akan terus digalakkan semangat literasi di sekolah yang menyentuh semua ranah baik guru, siswa, tenaga kependidikannya sampai kepada satpam bahkan petugas kebersihannya. Proyek literasi selanjutnya adalah, antologi cerpen yang sudah mulai digarap konsepnya.
Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I M.Pd selaku Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto memberikan dukungan sepenuhnya pada program-program literasi sekolah, kedepan semoga selalu terlahir karya-karya berkualitas yang memberikan kontribusi lebih pada dunia Pendidikan, terutama untuk menanamkan karakter-karakter yang baik melalui bacaan-bacaan yang berkualitas pula. (Imalia)