WE SHARE, WE CARE, Kunjungan Studi Banding dari MI Muhammadiyah

Hari ini sekolah mendapat kunjungan 16 peserta studi banding dari MI Muhammadiyah. Walaupun berbeda ormas, tapi Al Irsyad tidak pernah menutup diri untuk dikunjungi oleh siapapun, terlebih sesama sekolah berbasis Islam.

Bahkan, pimpinan kami sering menyampaikan bahwa kita dengan sekolah Islam lainnya harus saling ta’awun (tolong menolong). Mereka bukanlah pesaing kita, tapi mereka adalah mitra kita dalam dunia pendidikan. Semakin banyak kita berbagi ilmu, pengalaman, metode, manajemen sekolah, ide dan gagasan, maka akan semakin luas dakwah Islam dan semakin besar amal jariyah yang kita dapatkan.

Di Al Irsyad, in sya Allah tidak ada sistem yang ditutup-tutupi. Tidak ada istilah rahasia perusahaan, karena ini adalah institusi dakwah, bukan institusi yang mencari untung rugi berupa materi. Semuanya terbuka untuk ditiru, diikuti dan disebarluakan, bahkan dievaluasi apabila ada hal yang belum maksimal dalam pelaksanaan. Silahkan diambil yang baik-baik dan berilah masukan atas kekurangan yang ada untuk perbaikan bersama.

Sejauh yang kami lakukan selama ini, jika peserta studi banding butuh data administrasi sekolah, maka siapkan saja flashdisk kalau perlu hardisk. Tinggal copy paste data yang dibutuhkan. Dan tanyakan kembali apabila setelah pulang nanti ada hal-hal yang masih belum dipahami.

Prinsipnya, sekolah Al Irsyad (khususnya di Purwokerto) sangat terbuka untuk dikunjungi dan siap untuk berbagi. Yang mau studi banding silahkan, yang mau penelitian (skripsi, tesis, disertasi bahkan penelitian dosen) juga silahkan.

Mari kita bersinergi dalam memajukan pendidikan di sekolah-sekolah Islam. In sya Allah, dengan bersinerginya sekolah-sekolah Islam, maka akan ada harapan baru untuk kebangkitan Islam di masa yang akan datang. Wassalam.

Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil, M.Pd