UPGRADING PRAMUKA SDM

aupload web skolahDSC_0137

MENDIDIK DAN MEWARISKAN YANG TERBAIK BAGI SISWA MELALUI UPGRADING PEMBINA PRAMUKA

Pramuka merupakan salah satu kegiatan positif di luar kegiatan sekolah yang mendidik dan melatih peserta didiknya untuk bisa mandiri. Kegiatan pramuka mengajarkan aspek-aspek keagaamaan, sosial, nasionalisme, budaya dan ketrampilan. Hampir di setiap sekolah semua peserta didik dikenalkan dengan kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi peserta didik manakala kegiatan ini dikemas dengan baik, sehingga akan memberikan bekal pengalaman yang akan senantiasa terkenang oleh peserta didik.
Mendidik merupakan suatu seni terindah bagi para pendidik khususnya para pembina pramuka. Salah satu bekal dasar yang harus dimiliki oleh para pembina adalah mempunyai skill atau ketrampilan dasar bagaimana cara melatih peserta didik tentang kepramukaan. Selain itu para pembina juga dituntut bisa menjadi teladan terbaik dalam segala aspek, mulai dari penampilan, kecakapan terhadap penguasaan materi kepramukaan dan penjiwaan mendidik. Dengan terpenuhinya aspek-aspek tersebut maka akan memudahkan para peserta didik untuk memahami dan menyerap materi-materi pramuka yang disajikan oleh para pendidik.
Sering kita dengar bahwa kegiatan pramuka terkenal dengan kegiatan tepuk dan bernyanyi saja. Tetapi dibalik kegiatan tepuk dan bernyanyi bisa menjadikan para peserta didik dapat membangun semangat, kekompakan, dan pengalaman yang akan dikenang terus sampai kelak dewasa. Bahkan kegiatan pramuka yang menyenangkan akan memunculkan karakter dan pribadi-pribadi yang disiplin yang senantiasa berpegang teguh pada kode kehormatan seorang pramuka.
Salah satu keberhasilan sebagai seorang pembina pramuka dalam mendidik peserta didik yaitu jika pembina mampu mewariskan ilmu kepramukaan yang terbaik yang dimilikinya kepada peserta didik. Dengan demikian kemampuan para pembina harus senantiasa di Upgrade tentang kepramukaan sebagaimana yang dilakukan oleh para pembina pramuka di pangkalan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto pada 26 Agustus 2017. Harapannya dengan kegiatan tersebut pemahaman para pembina dan ketrampilan membina peserta didik menjadi lebih baik lagi.