Uji Kemampuan Melalui TKD (Tes Kemampuan Dasar)

foto TKDSenin, 6 April 2015, tampak siswa siswi kelas III, melakukan persiapan di depan kelas masing-masing. Mereka tidak melakukan aktivitas belajar seperti biasanya. Terang saja, hal ini dikarenakan seluruh siswa kelas III yang berjumlah 156 siswa tengah mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar). “Adapaun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengukur penguasaan kemampuan dasar murid kelas III, dimana di level kelas sebelumnya mereka telah diberikan pengetahuan dasar sebagai bekal menuju kelas berikutnya”. Tutur Ustadzah Latri sebagai ketua Panitia. Tentunya TKD ini akan sangat bermanfaat bagi sekolah dan orang tua, karena jika ada kemampuan yang belum dikuasai maka akan diberikan tindak lanjut. Harapan sekolah siswa bisa tuntas dalam menguasai pengetahuan dasar ini.

Selama satu pekan, dimulai tanggal 6 April dan berakhir tanggal 12 april, TKD ini dikawal langsung oleh ustadz dan ustadzah kelas 3. Adapun materi yang diujikan adalah kemampuan dasar membaca, menulis dan berhitung. Adapun bentuk tes yaitu tes tertulis dan tes praktek. Siswa-siswi tampak senang mengikuti tes Praktek. Seperti praktek mengukur berat benda dengan menggunakan timbangan bebek. Ada juga mengukur panjang benda. Mereka disediakan aneka alat ukur dan menentukan alat ukur yang tepat dan benar.

Selain materi dasar pengetahuan umum, mereka juga diminta untuk praktek ibadah harian. Seperti Wudhu, sholat dan dzikir setelah sholat. Hal ini tentunya sangat bagus untuk membekali mereka menjadi anak yang cerdas, terampil dan sholeh.