Purwokerto 25 September 2018 lantai dua gedung utara SD Al Irsyad 01 Purwokerto terlihat berbeda. Beberapa orang berseragam doreng hijau terlihat berbasis rapi dihadapan siswa kelas 1. Rupanya ada kegiatan yang memang melibatkan anggota TNI AD dari Kodim Banyumas. Discipline day merupakan kegiatan rutin tiap tahun untuk meningkatkan rasa sadar akan kedisiplinan setiap siswa, khususnya kelas 1. Tahun ini masih sama seperti tahun lalu bekerja sama dengan anggota TNI AD dari Kodim Banyumas.

Sebanyak 12 TNI dihadirkan untuk membimbing kedisiplinan siswa kelas 1. Dari enam kelas di level 1, yaitu kelas 1 A sampai 1 F, setiap kelasnya diarahkan oleh dua orang anggota TNI.
“Pak tentara….” mereka menyebutnya. Begitu antusias seluruh siswa kelas satu menyambut kedatangan para anggota TNI. Kegiatan pertama adalah sambutan serta perkenalalan dari pihak Kodim dan sekolah. Setelah itu serangkaian acara inti dimulai, dari latihan PBB, nonton bareng film perjuangan, dan pengecekan perlengkapan sekolah.

Kegiatan ditutup dengan menaiki kendaraan truk TNI secara bergantian dari kelas 1 A-F. Pengalaman yang sangat berarti bagi para siswa bisa naik kendaraan gagah milik bapak TNI. Rasa gembira serta semangat terlihat di Rona wajah mereka.

Kegiatan mengundang anggota TNI untuk mendisiplinkan siswa diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata. Sesuai dengan kurikulum yang ada, materi konkret perlu benar benar terlaksana. discipline day yang memberikan pengalaman konkret tersebut merupakan komitmen dari sekolah. (Rian)