Teladani Sahabat Rosulullah dalam Menghafal Al Qur’an

att kuPurwokerto – Rabu pagi (30 Oktober 2014) ada yang tidak biasa di Masjid Besar Jendral Soedirman, Purwokerto. Ratusan anak-anak putra dan putri berbaju putih tampak memenuhi masjid itu. Ya….sebanyak 140 siswa kelas IV SD Al Irysad Al Islamiyyah 01 dengan didampingi 10 guru sedang melakukan kegiatan Ajang Tahfidz dan Tasmi’ (ATT) membaca dan menghafal ayat-ayat suci Al Qur’an. “Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan yang digagas SD Al Irsyad 01 untuk menumbuhkan kecintaan siswa untuk menghafal Al Qur’an. Dalam kegiatan ini kita juga bersinergi dengan orang tua untuk memberikan penanaman sejak dini tentang cinta Al Qur’an,” kata Ustadzah Dwi Wahyuni. M.SI selaku ketua panitia kegiatan.

“Ajang Tahfidz dan Tasmi’ ini dimulai setelah siswa dan siswi dengan dipandu oleh ustadz dan ustadzah melakukan sholat dhuha. Setelah selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi motivasi yang disampaikan oleh Ustadz Faizal Wihuda, S.E,” kata Ustadzah Afifah, salah satu guru Al Qur’an.

Sesi motivasi berisi tentang cerita bagaimana semangat yang luar biasa dimiliki oleh sahabat-sahabat Rosululloh untuk menghafal ayat suci Al Qur’an dalam situasi dan kondisi apapun. Motivasi yang disampaikan ini menambah semangat siswa untuk antusias mengikuti jejak sahabat rosul.

Kegiatan ini semakin bertambah semangat setelah perwakilan siswa yang memiliki hafalan melebihi Juz 30 maju unjuk gigi untuk memperdengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an dengan suara merdu dan lantang. Subhanallah……siswa yang lain tampak terkesima dan takjub melihatnya!
Kegiatan berakhir dengan pemberian reward bagi siswa dan siswa yang tampil menghafal ayat Al Quran dengan tartil.