Subuh Keliling Siswa SD

Subuh Keliling Siswa SD

mmd

SUBUH keliling tampak menjadi program unik di SD Al Irsyad Al Ismiyyah 01 Purwokerto. Sabtu lalu, 80 siswa kelas 5 beserta para gurunya terlihat memenuhi shaf-shaf di Masjid Jenderal Soedirman Purwokerto. Uniknya, para siswa ini segera hadir di masjid segera setelah Adzan dan secara tertib masing-masing mengerjakan salat sunnah fajar dan berdzikir sambil menunggu Iqomah Shubuh.

“Alhamdulillah, para siswa ini dapat mengikuti jamaah Shubuh dengan tertib. Memang selama ini mereka belajar tertib Salat Duha dan Dhuhur di sekolah, namun rupanya mereka juga berhasil tertib Salat Subuh di masjid bersama masyarakat,” tutur ustaz Sudrajat, S.Sos., kepala sekolah.

Menurutnya, tertibnya siswa dalam salat merupakan kebanggan bagi sekolah. Terutama karena siswa menyadari bahwa salat merupakan ibadah yang utama dan besar nilainya.

Rupanya tidak hanya berjamaah shubuh, karena para siswa ini sebelumnya berjamaah shalat tahajud di sekolah. “Sebelum ke masjid, siswa dibimbing untuk salat tahajud berjamaah di sekolah. Bersama imam dari guru Alquran dan dengan bacaan pilihan surat-surat dari juz 30, 29, dan 28 sesuai tarejet hafalan siswa,” lanjutnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik dari jamaah Masjid Jenderal Soedirman. Sebagian bahkan tampak terharu saat para siswa berpamitan pulang selepas shalat berjamaah. Mereka senang karena siswa sangat tertib, tenang, dan khusu’ dalam salat.

Pekan sebelumnya, para siswa kelas 6 juga ikut berjamaah Subuh di masjid ini. “Salat subuh berjamaah, selain sebagai syiar kepada masyarakat mengenai pentingnya salat berjamaah sejak kecil, juga sebagai media untuk melatih siswa agar mereka terbiasa melaksanakan salat berjamaah dan mempraktikan adab-adab ketika salat di masjid,” terang ustaz Sudrajat.[Honip]
#alirsyadpurwokerto #alirsyad #purwokerto #banyumas #sekolahterbaik
http://www.alirsyadpwt.com/content/subuh-keliling-siswa-sd