Siswa SD Al Irsyad Gelar Panggung Seni

DSC_0146Tulisan “Kartini Masa Kini Siap Membangun Negeri” terpampang jelas di tengah ALun-alun Purwokerto, Sabtu 19 April 2014 pagi. Kalimat tersebut disusun para siswa SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Ya, ratusan siswa di sekolah tersebut, saat itu tengah menggelar panggung seni dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April ini. Acara tersebut berlangsung meriah. Beragam pertunjukan seni ditampilkan mulai dari puisi nyayian hingga aksi pantonim yang mampu menyedot perhatian guru, orang tua, maupun masyarakat.
DSC_0134

Bagi mereka sosok Kartini begitu berjasa dalam memperjuangkan emansipasi wanita, sehingga sangat pantas untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional. “Kartini itu sosok yang luar biasa, sebab memperjuangkan para wanita. Zaman dulu wanita masih dianggap sebagai orang yang tidak berdaya, namun sekarang banyak yang memegang peranan penting, bahkan ada yang pernah menjadi presiden,” Kata Muhammad Afif, salah satu siswa.

Penuturan serupa juga diungkapkan Indah Yuliasari, siswi lain. Menurutnya, Kartini merupakan sosok wanita yang hebat, sebab bisa menginspirasi masyarakat, khususnya kaum wanita untuk maju. Kepala SD Al Irsyad 01 Purwokerto, sudrajat, S.Sos., mengatakan kegiatan panggung seni bertujuan sebagai pembelajaran siswa di luar kelas. Kebetulan pada 21 April bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, sehingga para siswa diajak untuk mengenang jasa-jasa pahlawan wanita tersebut.

“Kami ingin menyampaikan pesan bahwa kartini mempunyai motivasi belajar yang tinggi, sehingga patut ditiru oleh para siswa. Selain itu Kartini juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama, khususnya wanita.” terangnya.

Selain memperingati Hari Kartini, para siswa juga memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April dan Hari Buku pada 23 April. “Terkait dengan Hari Buku, para siswa diajak semangat untuk membaca buku. Pasalnya, saat ini anak-anak waktunya lebih banyak dihabiskan untuk menonton televisi atau main game,” ungkap dia. Adapun untuk Hari Bumi, siswa kelas satu hingga kelas enam diajak untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan membersihkan kawasan alun-alun dari sampah.