Senangnya Outbound di Banyu Belik

Pagi itu, Sabtu (16 Februari 2013) ada yang tidak biasa di Sekolah Alam Banyu Belik, Karang Nangka. Sebanyak 115 siswa kelas IV SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto bersama dengan 13 guru pendamping datang untuk melakukan out bond di area sekolah itu. Ya, kegiatan ini merupakan salah satu program pembelajaran out class yang sengaja dirancang SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Pembelajaran yang dikemas dengan kegiatan back to nature ini, diharapkan dapat menumbuhkan cinta alam pada diri siswa.

“Diharapkan dengan pembelajaran out bond  membuat siswa lebih dekat dan mencintai serta bisa mentadhaburi alam ciptaan Allah. Begitu banyak nikmat alam ciptaanNYA yang belum diketahui oleh anak-anak kita. Wajib bagi kita untuk mengenalkannya, agar kelak anak-anak dapat menikmati dan melestarikannya. Itulah salah satu tujuan sekolah mengadakan kegiatan out bond ini,” papar ustadz Jusuf Sujahjo, S.Pd selaku wakil kepala sekolah level IV.

Selain itu, dengan kegiatan out bond dapat digunakan sebagai sarana memperkenalkan potensi wisata alam Banyumas kepada masyarakat, khususnya siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, sehingga mereka bangga dengan potensi daerahnya.

”Dengan out bond ini secara tidak langsung kita ikut mempromosikan potensi daerah Banyumas. Masih banyak tempat-tempat menarik di Banyumas yang bisa dijadikan alternatif wisata guna mengisi waktu liburan. Kita tidak harus berwisata ke luar daerah, karena ternyata di Banyumas sendiri banyak tempat wisata alam yang tak kalah menarik dengan daerah yang lain.” Imbuh beliau.

Kegiatan out bond ini diawali dengan pembuatan yel-yel dan permainan, yang dilakukan siswa secara berkelompok. Ustadz Basuki Dwi Sulistyo, S.Pd selaku ketua panitia menyatakan,“dengan permainan secara berkelompok ini, diharapkan dapat membentuk sikap mental, rasa saling memiliki, setiakawan, tanggungjawab dan rela berkorban pada diri  siswa.”

Para siswa juga diajak memacu adrenalin dengan mencoba wahana ekstrem seperti meniti bambu, berjalan di atas jaring, flying fox, menangkap ikan di sawah, dan outing disungai. Dalam kegiatan ini, para siswa ditantang untuk menunjukkan keberanian berada di atas ketinggian. “Wow…..ini kegiatan yang benar-benar mengasyikkan dan menegangkan, lho! Apalagi flying fox dan outing! Luar biasa…..!” seru para siswa dengan penuh semangat.

Setelah puas, kegiatan out bond inipun ditutup dengan acara makan siang dengan lauk ikan hasil tangkapan siswa, dan sholat dhuhur berjamaah. (liz80)