Selamat Datang Muharram 1435 H

Tarhib Muharram 1Sabtu, 02 November 2013, SD Al Irsyad Al Islamiyah 01 Purwokerto menggelar pawai ta’aruf dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1435 H. Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswa di seluruh level (I – VI) ini terlihat sangat menarik, mereka memakai berbagai¬† macam kostum profesi dari berbagai daerah. Ada yang mengenakan pakaian adat dari berbagai macam provinsi, pengacara, kostum ala betawi, kostum para eksekutif muda, pencari berita, bahkan ada yang memakai kostum ala papua serba hitam-hitam. Mereka rela dicoreng-coreng mukanya demi menyemarakkan karnaval Muharram ini. Tidak hanya siswa yang memakai kostum-kostum yang menarik, tetapi juga semua guru di levelnya masing-masing.

Kepala SD Al Irsyad 01 Purwokerto, Sudrajat, S.Sos. mengatakan kegiatan pawai berkeliling kota Purwokerto itu digelar bukan sebagai ajang huru hara. Tujuan utama agar siswa tahu dan mengerti tentang kalendar Hijriyah.

“Kalendar yang berlaku di masyarakat itu kan Masehi, karena dalam Islam juga mengenal sistem penanggalan tersendiri yaitu Hijriyah, maka perlu kami kenalkan pada para siswa dan momentumnya disesuaikan dengan pergantian tahun baru Hijriyah

tarhib muharram 3Dengan adanya kegiatan ini, harapannya anak-anak bisa mengintrospeksi diri sehingga di tahun baru ini segala tingkah laku dirubah menjadi lebih baik dibanding dengan sebelumnya.

“Melalui kegiatan ini kami berusaha mengenalkan kepada siswa dan masyarakat bahwa bulan Muharram atau kerap disebut bulan Asyura merupakan bulan yang baik dan ritual apa saja boleh dilakukan dalam bulan ini.” jelasnya.

tarhib muharram 4Seperti terlihat di lokasi, meski berjalan dengan rute yang cukup jauh, peserta tetap terlihat antusias. Bahkan, sepanjang rute yang dilalui mereka bersemangat mendendangkan sholawat apalagi diiringi penampilan musik tek-tek dan hadroh kegiatan ini semakin semarak.

Mari jadikan tahun baru Muharram ini sebagai ajang untuk berfastabaqul khairat. Hari ini harus lebih baik dari kemarin.