Sekolah Rumah Keduaku

Hari ini hari pertamaku

Hari pertama ke sekolah

Senangnya hatiku diantar ayah ibu

Pergi berangkat ke sekolah

Senangnya hatiku bertemu teman baruku

Guru baru tentulah ramah

Ayo ke sekolah, ke sekolah

Lagu dia atas adalah lagu penyemangat bagi para siswa khususnya siswa baru disetiap jenjang. Betapa tidak, pengalaman hari pertama diantar ayah ibu jarang dialami oleh para siswa. Dengan adanya himbauan dari Menteri Pendidikan, para orang tua mau mengantarkan putra-putrinya untuk sekolah. Program mengantarkan siswa sangat mendukung keberlangsungan belajar di sekolah.

DSC_0502 - Copy

Dengan diantarnya siswa oleh orang tua dapat menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Jika mereka percaya diri tentu siswa akan betah berada di sekolah. Terkadang ada siswa yang merasa tidak percaya diri dengan lingkungan baru mereka maka sang anak tidak canggung dengan lingkungan barunya. Akibat buruknya sampai menangis sebelum masuk kelas. Untuk mengatasi ini pihak sekolah harus mengemas kegiatan yang membuat para siswa merasa nyaman berada di sekolah baru. Sekolah yang menyenangkan adalah dambaan para orang tua dan siswa. Untuk menjadikan sekolah menjadi menyenangkan perlu dikembangkan langkah-langkah yang bagus, agar siswa merasa bahwa sekolah adalah rumah kedua mereka. Ada beberapa langkah-langkah agar sekolah menjadi menyenangkan bagi para siswa, diantaranya :

  1. Menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman. Siswa akan merasa nyaman berada di sekolah apabila sekolah aman. Tidak perasaan takut di hati para siswa karena mereka merasa aman terlindungi bila berada di lingkungan.
  2. Warga sekolah saling mendukung dan menghargai. Dukungan dan sikap saling menghargai akan sangat diperlukan bagi seluruh warga sekolah. Untuk itu diharapkan seluruh warga sekolah untuk saling mendukung dan menghargai satu sama lain.
  3. Guru dan teman yang penyayang. Siswa akan merasa betah di sekolah jika perilaku guru dan teman baik. Guru yang perhatian, penyayang, dan care kepada siswa akan selalu dinanti oleh para siswanya. Begitu pula dengan teman yang baik akan membuat siswa yang lain merasa nyaman. Jika guru dan teman dirasa kurang membuat siswa nyaman mereka tidak betah untuk ke sekolah.
  4. Sekolah memberikan pembelajaran terbaik. Pembelajaran yang baik dan menyenangkan sangat diperlukan oleh para siswa. Mereka akan lebih semangat dalam belajar jika apa yang mereka pelajari menarik perhatian mereka dan secara otomatis ilmu yang disampaikan oleh guru dapat diserap dengan optimal.

Salah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah keadaan lembaga pendidikan itu sendiri yaitu lingkungan yang strategis dan dukungan terlaksananya pendidikan yang kondusif. Untuk menciptakan kondisi yang baik itu sangat diperlukan perhatian dan kepedulian semua elemen yang ada pada sekolah. (Yuliyanti, S. Pd.)