DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

7898
Visit Today : 6
Visit Yesterday : 23
Total Visit : 7898
Who's Online : 1

SD Al Irsyad 01 Tumbuhkan Minat Baca Murid

dcHappy Reading di luar kelas
Sabtu, 10 Mei 2014 SD Al Irsyad 01 Purwokerto kelas IV mengadakan kegiatan outclass dalam bentuk Happy Reading. Kegiatan ini mengusung tema Let’s explore the world with happy reading diikuti oleh 137 murid dan 12 orang guru bertempat di Taman Andang Pangrenan. Peserta mengikuti kegiatan mulai pukul 07.00 sampai dengan 10.00 WIB dengan penuh antusias dan diberi kesempatan di sela-sela kegiatan untuk merasakan beberapa permainan yang ada di wahana Taman Andang Pangrenan. Berbagai kegiatan digelar pada saat itu diantaranya latihan membaca cepat dengan teknik dan posisi membaca yang benar, pemutaran film tentang motivasi membaca, membaca buku atau majalah dan menyusun resensinya, serta penampilan murid berupa nasyid tentang membaca.
Setelah semua peserta berkumpul di aula, sesi pertama diisi dengan sambutan dan motivasi. Ustadz Rahmat Safari selaku Wakil Kepala Sekolah dalam motivasi dan sambutannya menyampaikan materi tentang teknik membaca yang benar, bagaimana memegang buku dan posisi membaca yang baik, cara memahami isi buku paragraf demi paragraf dan tips dalam memilih buku yang baik dan benar. Murid diberi motivasi untuk menyempatkan waktu membaca karena buku adalah sumber ilmu dan informasi yang sangat bermanfaat. Beberapa murid juga maju ke depan untuk diwawancarai tentang kebiasaan membaca di rumah dan buku apa saja yang suka dibaca. Di sela-sela sambutan motivasi, diadakan kompetisi membaca cepat satu paragraf dan presentasi isi bacaan tersebut. Murid yang majupun menceritakan pengalaman membacanya dan mendapatkan hadiah yang cukup menarik.

Sesi kedua diisi dengan pemutaran film motivasi tentang membaca, semua peserta memperhatikan dengan seksama dan menerima berbagai pesan yang disampaikan. Sesi ketiga semua peserta berkelompok sesuai kelasnya dan menyebar di sekitar taman. Dengan cukup semangat membaca buku yang mereka bawa kemudian menyusun resensi buku yang memuat berbagai informasi tentang penulis, penerbit, tahun terbit, ringkasan buku dan pelajaran yang dapat diambil dari isi buku. Sesi ini didampingi oleh guru kelas dan asisten yang mendapatkan banyak pertanyaan dari peserta tentang cara menyusun resensi yang baik dan benar. Para gurupun segera memberikan pengarahan tentang cara membaca katalog buku yang ada di halaman awal.

Ustdzah Imalia Din Indriasih selaku koordinator kegiatan menyatakan bahwa kegiatan happy reading bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dalam diri murid, membekali murid dengan teknik yang benar dalam membaca dan yang lebih penting adalah membekali murid dengan kemampuan memilih dan menyeleksi buku bacaan yang baik dan benar. Di samping itu kegiatan yang dilaksanakan di luar kelas diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan gembira pada diri murid dalam membaca sekaligus memberikan pesan bahwa kegiatan membaca membutuhkan lingkungan yang nyaman, konsentrasi dari pembaca itu sendiri, serta membaca sebagai sebuah keharusan sebagaimana tercantum dalam Al Quran Surat Al’Alaq ayat 1.

Diposkan oleh pada tanggal 12 May 2014. Dalam kategori Berita. 140 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com