DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

0247
Visit Today : 1
Visit Yesterday : 1
Total Visit : 247
Who's Online : 1

SD AL IRSYAD 01 GELAR PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

6Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermakna, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto menggelar kegiatan pembelajaran kontekstual melalui Outdoor Study kelas 4 dan Disiplin day kelas 1 dan 3 pada hari Jum’at, 25 Oktober 2013 pukul 07.00 – 10.00 WIB. Outdoor study kelas 4 dilaksanakan di KSM Adipati Mersi diikuti oleh 138 siswa dan 11 guru.
Kegiatan outdoor study dibuka muroja’ah surat Al Insyiqoq dan Surat Al Muthoffifin dimpimpin oleh ustadz Rahmat Safari, kemudian acara dibuka oleh Lurah Mersi, Tresno W. dilanjutkan pemaparan oleh ketua KSM Adipati Mersi Satiman bertempat di Pendopo Kelurahan Mersi. Setelah pembukaan semua peserta menuju lokasi KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari). Di lokasi tersebut semua siswa melakukan berbagai kegiatan diantaranya pengamatan dan praktek pembuatan pupuk organik cair dan biometagreen, pengamatan morfologi tanaman, dan pemanfaatan pupuk organik cair untuk budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Kegiatan lebih menarik lagi karena diselingi dengan wawancara oleh siswa kepada anggota kelompok Wanita Tani Kelurahan Mersi.
Satiman selaku ketua KSM Adipati Mersi dan fasilitator kegiatan menyampaikan bahwa pengelolaan lingkungan yang bersih dan sehat dapat dilakukan dengan memilah sampah menjadi tiga bagian, yaitu sampah B3, sampah organik, dan sampah anorganik. Sampah organik selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik cair dan biometagreen sebagai bahan bakar. Sedangkan sampah nonorganik dapat dimanfaatkan dengan reuse dan recycle.
Koordinator kegiatan, Agus Pitono membagi peserta menjadi empat kelompok dan masing-masing kelompok melakukan kegiatan secara bergantian sehingga semua siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berharga. Agus Pitono menyampaikan bahwa kegiatan outdoor study ini mengusung tema Ayo Cintai Lingkungan yang relevan dengan tema pada kurikulum 2013 khususnya pada Tema 3 “Peduli terhadap makhluk hidup” dan Subtema ‘Ayo Cintai Lingkungan. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa mengalami pembelajaran kontekstual yang lebih bermakna.
FOTO OUTDOOR STUDY LEVEL 4

12345

Diposkan oleh pada tanggal 29 Oct 2013. Dalam kategori Berita. 4,767 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com