DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

7898
Visit Today : 6
Visit Yesterday : 23
Total Visit : 7898
Who's Online : 1

Persembahan Smart Parenting untuk Guru dan Orang Tua TK

DSC_0118Bertempat di aula sekolah, Minggu (11/5) SD Al Irsyad 01 Purwokerto kembali menggelar Smart Parenting. Seminar yang mengambil tema “ Cara Cerdas Mendidik Anak Tangguh dan Berkualitas” ini menghadirkan master trainer parenting dan penulis buku best seller pendidikan anak  Miftahul Jinan dari Griya parenting Indonesia, Surabaya. Kegiatan yang tidak dipungut biaya ini diikuti dan disambut antusias ratusan peserta dari perwakilan guru TK dan orang tua murid TK di wilayah Purwokerto dan sekitarnya.

Seminar dibuka oleh ketua harian LPP Al Irsyad, Sodikun, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menguraikan tantangan orang tua yang semakin berat dalam mendidik anak. Berbagai kasus seperti kekerasan, pergaulan bebas, narkoba sudah banyak menjangkiti pelajar, tak terkecuali di Banyumas. Dan bekal yang paling ampuh untuk diwariskan pada anak adalah bekal iman yang kokoh sehingga kelak ketika dewasanya menjadi dokter yang hafidz, pejabat yang amanah, pedagang yang jujur dan lainnya.

Sementara itu Miftahul Jinan dengan gayanya yang ekspresif menjelaskan tentang paradigma tentang anak dan bagaimana tips mendidik anak cerdas dan berkarakter. Dengan diselipi banyak kisah nyata dan pengalaman beliau, peserta begitu serius mendengarkan dan memudahkan menangkap pesan yang disampaikan pembicara.

Menurutnya anak adalah titipan Allah yang mempunyai potensi luar biasa dan fungsi otak yang dasyat seperti raksasa tidur. Tugas orang tua adalah tidak memaksakan kehendaknya tetapi menyalakan api potensinya dan membangunkan raksasa tidurnya. Ketika terjadi masalah anak orang tua hendaknya tidak reaktif yang cenderung merusak psikologis anak tetapi merespon positif dengan kepala dingin.

Jinan juga mengajukan pertanyaan retoris pada para peserta yakni apakah orang tua yang banyak memberi atau justru anak yang banyak memberi, orang tua yang perlu memahami anak atau anak yang perlu dipahami orang tua, anak yang makin nakal atau orang tua yang makin tidak sabar. Para peserta yang kebanyakan ibu-ibupun dibuat tersenyum simpul dan tersipu malu karena merasa tersindir.

Seminar berlangsung lebih semarak karena para peserta dihibur oleh penampilan siswa yang begitu memukau. Panitia juga membagikan berbagai doorprice pada para peserta mulai dari handphone, kipas angin, berbagai peralatan rumah tangga.

Menurut ketua panitia Titi Yuniarti kegiatan ini sebagai program sosial ( CSR ) sekolah kepada masyarakat dengan berbagi dan belajar bersama tentang pendidikan anak. Kalau biasanya peserta dari orang tua murid melalui program Sekolahnya Orang Tua, kali ini diperuntukkan untuk perwakilan guru dan orang tua TK. Harapannya orang tua semakin paham bagaimana mendidik anak dengan baik di tengah godaan zaman yang makin menantang.

“Di samping itu kegiatan ini juga sebagai bentuk ungkapan terima kasih kami pada masyarakat atas kepercayaan yang begitu tinggi pada kami untuk menyekolahkan putra-putrinya di SD Al Irsyad. Dari kuota 160 siswa baru untuk tahun ini sampai kemarin tinggal tujuh  kursi yang tersisa. Padahal kita baru membuka pendaftaran secara internal untuk TK Al Irsyad dan menginformasikan lewat orang tua murid saja, belum membuka secara terbuka dan luas lewat spanduk dan sebagainya” tambahnya.

Diposkan oleh pada tanggal 12 May 2014. Dalam kategori Berita. 242 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com