Selasa, 13 Agustus 2019, siswa baru SD al irsyad 01 telah usai melaksanakan MOS (Masa Orientasi Siswa), yang dilaksanakan selama sebulan oenuh, kegiatan MOS yang dibuka dengan sangat meriah dengan tema luar angkasa, disambut oleh astronot dari kepala sekolah dan penyambutan guru-guru kelas 1 yang sangat ceria dan hebat, dengan mengkonsep acara dengan sangat meriah, untuk menyambut siswa baru agar mereka bangga dan senang bergabung di SD 01 Al Irsyad.
Kegiatan selama sebulan diisi dengan berbagai kegiatan dan pembiasaan yang baik, mulai dari baris-berbaris, kegiatan di dalam kelas dan pengkondisiannya, pembiasaan wudhu dan sholat, adab makan dan minum sesuai syariat islam, membaca tartili dan berbagai kegiatan diluar kelas yang melatih kreatifitas dan sistem motorik siswa. Semua dirangkai dengan penuh semangat dan disiolin untuk membentuk karakter dan pembiasaan yang baik bagi Akhir dari kegiatan MOS kita tutup dengan kegiatan beberapa games, dan menyanyikan lagu Indonesia raya dan hari merdeka untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, dengan penuh semangat dan antusias sembari mengibarkan bendera merah putih, semua berjalan dengan sangat meriah dan menyenangkan.
Games penutupan yang telah terlaksana ada estafet sarung, holahop dan juga memilih kacang-kacangan, kegiatan tersebut berkaitan juga dengan kemerdekaan Indonesia, bahwa untuk mencapai hasil yang memuaskan kita harus bersama-sama, berjuang dan strategi yang bagus untuk mencapai titik yang kita inginkan. (Jesi)