Pembelajaran Fikih tentang posisi Imam dan Makmum Dalam Sholat Berjamaah
 
Sholat berjamaah lebih utama dibandingkan sholat munfarid. Sholat berjamaah pun ada ilmu yang harus dipelajarai, diantaranya tentang posisi imam dan Makmum. Melaksanakan sholat berjamaah aneka posisi imam dan makmum harus dipahami dengan baik oleh peserta didik agar dapat menerapkan dengan tepat pada sholat yang didirikan.
Imam adalah orang yang memimpin sholat sedangkan makmum adalah orang yg dipimpin imam dalam sholat berjamaah. Setiap kondisi berbeda-beda saat sholat berjamaah. Harus melihat kondisi dan jumlah makmum. Apakah laki-laki saja, perempuan saja, atau keduanya, dan jumlahnya. Karena jika hanya 1 makmum akan berbeda dengan makmum lebih dari satu.
Berikut adalah dokumentasi pembelajaran Fiqih dengan materi tersebut diatas, metode yang paling pas adalah dengan praktik langsung agar peserta didik memahami dengan baik melalui praktik langsung. Sebagai variasinya, peserta didik juga bisa mempelajarinya melalui media boneka kertas yang diposisikan oleh peserta didik berdasarkan peran imam dan makmum maupun jumlah jamaahnya. Kelebihannya menggunakan media, setelah pembelajaran media bisa didisplay di kelas sehingga [eserta didik dapat melihat materi tersebut setiap saat dengan melihat display.