Pelaksanaan PHBS di Sekolah

Pembiasan Hidup Bersih sangatlah penting dilakukukan dimanapun, baik di rumah, sekolah maupun masyarakat. Penanaman karakter cinta kebersihan pada generasi milenial sekarang ini juga sama pentingnya untuk mendapatkan porsi perhatian yang cukup. Berdasarkan hal tersebut maka SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto sebagai sekolah unggulan di Purwokerto membuat beberapa program terkait sukses PHBS (Pembiasaan Hidup Bersih di Sekolah).
Program-program tersebut diantaranya, sosialisasi PHBS melalui posterisasi yang melibatkan banyak siswa dari berbagai level. Poster yang dibuat siswa ini di pajang di mading-mading sekolah agar lebih efektif sosialisasinya. Mengundang Tokoh dari dinas-dinas terkait seperti dinas lingkingan hidup atau tokoh masyarakat yang bergerak dibidang kebersihan lingkungan seperti, penggangas bank sampah dan lain sebagainya.
Program-program awal tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan melibatkan siswa langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya diantaranya dengan diadakannya lomba kelas terbersih. Teknisnya adalah setiap pekannya dipilih kelas terbersih dan terapi untuk menerima piala bergilir kejuaraan kelas terbersih. “Harapannya generasi sekarang terbiasa dengan kebersihan lingkungan dan menjadi karakter yang melekat pada diri mereka, karena kebersihan adalah salah satu cerminan akhlak seorang muslim” demikian keterangan dari kepela sekolah, Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I, M.Pd. (Imalia)