Outdoor Study “Asyik Dan Menyenangkan…”

sd

873 Siswa siswi SD Al Irsyad 01 Purwokerto mengikuti kegiatan outdoor study di berbagi tempat di Banyumas , Sabtu, 14 Maret  2015.  Tampak siswa siswi begitu senangnya mengikuti kegiatan persiapan outdoor study tersebut. Seperti siswa-siswa kelas 1 yang berjumlah 150  siap berbaris rapi dihalaman sekolah SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Siswa tampak sangat bergembira saat ustdzah memberikan informasi dalam briefing sebelum berangkat menuju lokasi pada pukul 07.00 tepat. ‘ Anak- anak selama kegiatan ikuti semua tata tertib dan berperilau sopan ya..tunjukkan kalau kalian anak sholeh yang hebat ‘ pesan kepala sekolah Ustad. Alex Nanang Agus Sifa , S.Fil.I. Dengan memakai baju olah raga SD Al Irsyad 01, sebagai identitas resmi sekolah dan perlengkapan kegiatan, semua siswa berbaris dengan tertib berjalan menuju mobil sesuai kelompoknya masing-masing menuju lokasi study taman Purbasari Purbayasa purbalingga.Mereka akan berpetualang mencari ilmu di taman Purbasari Pancuran Mas Purbayasa untuk mengenal aneka satwa baik hewan darat, hewan air, nama-nama tumbuhan dan  melakukan pengamatan lingkungan bersih dan tidak bersih. Diakhir kegiatan siswa juga melakukan aksi sosial peduli lingkungan dengan membagikan poster untuk menjaga kebersihan kepada setiap pengunjung yang datang.

OUTDOOR KELAS 2

Begitupun siswa-siswi kelas 2 yang mengenal alam lebih dekat di daerah Baturraden tepatnya di Puspa Tiara Multifarm-desa Pandak. Siswa sangat antusias dengan tanaman langka yang diliat, apalagi dengan satu macam tanaman baru yang mereka temui yaitu “nangka dak”. Suatu jenis tanaman hasil dari persilangan antara buah nangka dan cempedak.
Setelah puas dengan penjelasan tentang tanaman langka. Siswa dijelaskan pula cara merawat ikan dan kolam ikan yang memang materi tersebut ada pada pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yng ada. tibalah saat yang siswa tunggu-tunggu yaitu menangkap ikan. Siswa sangat senang sekali dengan kegiatan tersebut.
Acara ditutup dengan aksi sosial siswa dengan memberikan kenang kenangan berupa mainan edukatif bagi playgroup yang ada di lokasi Puspa Tiara Multifarm.

OUTDOR KLS 3

Siswa-siswi kelas 3 juga mendapati pengalaman yang menyenangkan berinteraksi langsung dengan para penjual di pasar Kedung Malang, Sumbang. Sesuai dengan tema pembelajaran “market=pasar”.Diawali membaca dzikir pagi dan di lanjutkan dengan sambutan dari wakil kepala sekolah level 3, ustadz Rahmat safari, S.P. Kegiatan di mulai dengan sosialisasi bersama para penjual di pasar. Anak-anak diberikan bekal berupa daftar belanja dan uang saku untuk membeli barang belanjaan.Siswa belajar bagaimana bermasyarakat, dan mengenalkan anak secara nyata tentang bagaimana cara bertransaksi antara penjual dan pembeli yang sesuai dengan syariat Islam. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi di masjid dan warga sekitarnya, berupa kegiatan bersih-bersih masjid dan lingkungan sekitar masjid. Kegiatan tersebut, di tutup dengan penyerahan bantuan berupa almari, jam, dan peralatan kebersihan.

sd 1 al irsyad purwokertoBerbeda dengan siswa kelas 3, siswa kelas 4 berkunjung ke Desa Karang Cegak, Kecamatan Sumbang. Desa dimana terdapat budi daya pepaya california. Siswa diajak oleh pemandu untuk  menyusuri kebun pepaya, menanam bibit ( pembibitan ) pepaya california, dan memanen (siswa memetik secara langsung dari kebun ). Acara ditutup dengan kunjungan ke panti asuhan putra Muhammadiyah Purwokerto. Sebagian pepaya yang dipetik diserahkan ke panti asuhan sebagai bentuk kepedulian siswa terhadap sesama.

KELAS 5Sedangkan siswa kelas 5 memilih untuk berkunjung ke musholla Miftahuddin, Al Makmur, dan Soediro yang berada tidak jauh dari sekolah.  Hal ini bertujuan agar anak dekat dengan masjid dan belajar memakmurkannya. Dengan berbekal alat kebersihan yang dibawa dari rumah, seluruh siswa berjalan kaki menuju tempat kegiatan dengan riang. Mereka bekerjasama membersihkan musholla. Ada yang menyapu lantai dan mengepel, membersikan kaca musholla, mencabut ramput liar di sekitar musholla, ada juga yang kebagian membersihkan kamar mandi musholla. “Tampak semangat para siswa terus menyelesaikan pekerjaan mereka sampaii betul-betul musholla terlihat bersih dan rapi. “ Sungguh terharu melihat mereka begitu serius membersihkan musholla, mudah-mudahan Allah menjadikannya anak-anak yang sholeh dan sholehah,” kata salah satu takmir yang menemani kami melaksanakan kegiatan. Di akhir kegiatan, sebagai wujud kepedulian, sekolah  memberikan kenangan-kenangan berupa peralatan sholat kepada semua musholla yang kami kunjungi.

Siswa kelas 6 rame-rame menangkap ikan

Siswa kelas 6 juga diajak refreshing melakukan outdoor study di taman outbond Brug Bodol Purwokerto. Sebanyak 131 siswa kelas 6 sangat menikmati permainan flying fox dan juga menangkap ikan. Canda tawa muncul diantara anak-anak saat mengikuti kegiatan. Wakil Kepala Sekolah kelas VI, Ustad Faizul Munif berharap kegiatan ini dapat menghilangan kejenuhan siswa siswa kelas VI  yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah.