DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

7898
Visit Today : 6
Visit Yesterday : 23
Total Visit : 7898
Who's Online : 1

Outdoor Study Level VI : Wisata Sejarah MTL Jenderal Sudirman

MTL

Masih dengan Tema dan Bulan yang sama, Sabtu (23/10), SD 01 Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto khususnya Level VI mengadakan Outdoor Study yang mengandung nuansa Sejarah ke Monumen Tempat Lahir Jendral Sudirman di Desa Bantarbarang – Rembang – Purbalingga. Kegiatan yang diadakan dalam rangka mengenalkan dan memberikan pemahaman anak tentang sejarah perjuangan Jenderal Soedirman ini mendapat respon yang positif dari siswa-siswi Level VI.

 Kegiatan ini adalah rangkaian dari “Simulasi Jejak Perjuangan Soedirman” yang diadakan pada tanggal 10 Nopember kemarin. Selaku ketua panitia, Basuki Dwi Sulistyo, S.Pd mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa lebih mengenal sosok Pahlawan ini lebih dekat dan lebih mencintai bangsa Indonesia. “Tak kenal maka tak sayang, biar lebih mengenal sosok jendral ini lebih dekat maka siswa-siswa diajak ke monumen ini” ungkapnya.  Kegiatan yang diikuti seluruh Level VI berlangsung tertib dan lancar.

Kegiatan yang dimulai Pukul 08.30 WIB itu dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Slamet Nuryanto, S.Pt. selaku Waka Level VI SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Beliau menegaskan bahwa perjuangan Jenderal Soedirman patut ditiru sehingga hal ini bisa mengajarkan anak-anak untuk tahu apa arti pengorbanan, selain itu beliau mengungkapkan bahwa tidak selayaknya anak-anak itu suka mengeluh dengan keadaan “Kita harus belajar banyak dari Panglima Besar Jenderal Soedirman dengan perjuangannya dan tidak sepatutnya kita banyak mengeluh dan tidak bersyukur” Ungkapnya.

Setelah itu anak-anak dipandu oleh Pak Thoha,selaku pemandu Museum Jenderal Soedirman. Kegiatan dibagi menjadi 2 session secara bergantian. Sesi pertama untuk siswa putri, yaitu pemutaran film tentang perjuangan pahlawan dari purbalingga ini. Kemudian Sesi kedua untuk siswa putra, yaitu touring mengelilingi bagian museum.

Agar Tujuan dari kegiatan ini lebih tercapai, anak-anak diberikan worksheet yang berhubungan dengan sejarah perjuangan jenderal ini. Mereka diharuskan menjawab semua pertanyaan pada worksheet tersebut, sehingga kegiatan ini menuntut mereka untuk bertanya dan bersosialisasi lebih banyak pada pemandu museum dan teman.

Siswa-siswa sangat antusias untuk bertanya pada pemandu, terlihat dari mereka yang mengerumuni pemandu museum untuk bertanya segala hal yang berhubungan dengan perjuangan Jenderal Soedirman.

Acara ini berakhir pada pukul 10.30 WIB. Anak-anak merasa kagum atas perjuangan Jendral Soedirman dan mereka terlihat sangat senang. Di akhir acara, ketua panitia Basuki Dwi Sulistyo, S.Pd menambahkan bahwa harapan setelah kegiatan ini adalah anak-anak bisa belajar banyak dari perjuangan beliau, dan semoga saja akan muncul bibit-bibit semangat dari perjuangan beliau.  (Red/Nana Nahdiya)

Diposkan oleh pada tanggal 25 Nov 2013. Dalam kategori Berita. 8,631 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com