Bina Iman Lewat Motivation Day

Memupuk Iman dan Takwa Melalui Kegiatan ‘Motivation Day’ SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto

 Iman dan takwa tidak dapat tumbuh begitu saja, tetapi harus ditanam. Pun tak dapat terus bertahan menghadapi badai kehidupan tanpa dipupuk terus menerus. Demikian juga semangat belajar dalam meraih prestasi dan cita-cita. Siswa-siswi kelas 5 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto belajar menumbuhkan iman, takwa, dan semangat belajar melalui kegiatan ‘Motivation Day’ yang bertempat di Masjid Gelora Indah Purwokerto (30/ 1).

Sore itu masjid tampak penuh dengan anak-anak yang tengah duduk rapi mengikuti sesi demi sesi. Cahaya lampu yang syahdu menambah kekhusyukan mereka dalam menerima setiap wejangan dari koordinator kegiatan: Hasan Soewarto, S. Pd.. Dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Sekolah kelas 5, Jusup Sutjahjo, S. Pd., beliau berharap seusai kegiatan ini anak-anak yang ibadahnya sudah bagus menjadi lebih bagus lagi. Sedangkan anak-anak yang belum bagus ibadahnya dapat menjadi bagus.

Usai menunaikan sholat maghrib berjamaah dengan warga setempat, 132 siswa dan 14 guru menggemakan ayat-ayat suci Al Quran. Selanjutnya kegiatan disambung dengan sholat isya berjamaah dan pemberian motivasi oleh Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, Sudrajat, S. Sos.. Dalam sesi motivasinya, kepala sekolah menggugah motivasi siswa lewat penayangan sebuah video yang menyentuh perasaan. Diharapkan siswa dapat mengambil hikmah dengan menghargai setiap jerih payah orang tua dalam bekerja, mencari nafkah demi menyekolahkan mereka. Dan mereka dapat membalas setiap kebaikan orang tua dengan belajar keras dan mempersembahkan prestasi yang baik.

Kegiatan motivasi berakhir pukul 21.00, dilanjutkan dengan persiapan istirahat malam untuk siswa putra dan pulang ke rumah untuk siswa putri. Sesi kemandirian dan ibadah malam dimulai pukul 03.00 dengan pelaksanaan sholat tahajjud dan doa. Usai menunaikan sholat subuh berjamaah dan taushiyah pagi, seluruh rangkaian kegiatan ditutup dan siswa putra kembali ke rumah masing-masing. Semua membawa semangat baru untuk beribadah dan belajar dengan lebih baik. Semoga. (Nikenti Dewi I)