Motivasi Siswa dengan Nonton Film Bersama

WhatsApp Image 2017-10-07 at 07.45.24
Jum’at pagi ( 29/9), seluruh siswa kelas 2 SD Al Irsyad 01 Purwokerto sudah duduk tertib dan rapi di Musholla sekolah. Mereka antusias untuk mengikuti acara “ Motivasion Day” yang diselenggarakan oleh sekolah. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan juga motivasi mengajar guru.

Diawali dengan muroja’ah surat Al A’laa dan surat Al Ghasyiyah yang dipimpin oleh ananda Kenzie kelas 2 Al Buruuj. Setelah itu motivasi dari Ustadz biqih yang menyampaikan tentang pentingnya membaca Al Qur’an dan menghafalkannya. Hal ini disampaikan agar siswa termotivasi untuk menyelesaikan tartili jilid 6 di semester satu dan menyelesaikan target hafalan kelas 2 lebih awal .

Tibalah acara yang ditunggu-tunggu oleh siswa yaitu NOBAR (nonton bareng) Film “ Taare Zameen Par”. Film ini mengisahkan tentang seorang siswa kelas 3 SD bernama Ishaan, Anak Berkebutuhan Khusus yang selalu serba salah di hadapan orang tua dan guru. Tidak hanya itu ia juga memiliki kesulitan membaca, menulis dan berhitung. Karena kekurangannya itu ia sering mendapatkan hukuman dari gurunya. Prestasi belajarnya pun bisa dikatakan jauh dari harapan. Dibalik kekurangannya ia mempunyai kelebihan dibidang seni melukis.

Sampai suatu hari datanglah guru seni di kelasnya bernama Ram. Pak Ram ini beda dengan yang lain. Dia mengajar dengan riang dan melayani semua gaya belajar anak didiknya termasuk Ishaan.Pak Ram menyadari bahwa Ihsaan ‘disleksia” sehingga ketika membaca atau menulis sering tertukar hurufnya. Berkat kesungguhan dan kesabaran Pak Ram mampu mengembalikan kepercayaan diri Ishaan dan membantu melejitkan potensi di bidang seni lukis serta prestasi akademiknya.

Siswa tampak antusias mengikuti kegiatan “Motivation Day” kali ini selain mendengarkan dongeng dan motivasi dari ustadz Biqih mereka juga mendapatkan pelajaran dari film yang ia saksikan. Hal ini disebabkan karena kemasan film yang lucu dan ada bagian-bagian film yang mirip seperti ia alami dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. [Endang Listyaningsih, M.Pd.I]

WhatsApp Image 2017-10-07 at 07.45.56