Pada Sabtu, 17 November 2018 yang lalu, siswa-siswi kelas 6 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti kegiatan motivasi day bersama Ustad Totok Yulianto, S.Pd. dari MPP (Majelis Pendidikan dan Pengajaran) Al Irsyad Pusat di basement lokal selatan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan diri dan psikologi para siswa kelas 6 jelang USBN 2019. Adapun tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan semangat belajar para siswa kelas 6 demi meraih nilai yang terbaik di try out dan ujian sekolah mendatang.

Tampak 159 siswa kelas 6 bergembira dan sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Ustad Totok Yulianto, S.Pd. Apalagi materi yang disampaikan sangat menarik perhatian para siswa. Materi inti yang Beliau paparkan adalah tentang 4 kiat sukses USBN 2019 yaitu mengembangkan mindset sukses, memupuk motivasi berprestasi, patuh dengan orang tua, dan berdoa pada Tuhan. Tak lupa juga Ustad Totok menyampaikan slogan berupa kalimat motivasi yang berbunyi “Ujian Sekolah…I Can Do It”. Para siswa pun dengan penuh semangat menyerukan slogan itu bersama-sama selama acara berlangsung. Harapannya kalimat ini dapat menjadi bekal penyemangat bagi siswa untuk meraih nilai yang memuaskan di ujian. Di akhir acara ditayangkan beberapa video motivasi penuh inspiratif yang menggugah hati para siswa.

Ustad Slamet Nuryanto, S.Pt., mengatakan bahwa kegiatan kelas 6 yang sangat padat memungkinkan para siswa merasa jenuh dan lelah dengan rutinitas setiap harinya. Untuk itu, perlu adanya kegiatan motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya dengan kegiatan motivasi day seperti ini.

“Motivasi sangat penting dalam kegiatan belajar sebab adanya motivasi yang tinggi mendorong semangat belajar yang tinggi juga. Semoga anak-anak kelas 6 dapat memberikan yang terbaik untuk sekolah dan dapat membanggakan kedua orang tua mereka,” lanjutnya. (Bani Riswiani)