Home » Artikel » MENJADI ANAK SHOLEH…. BAGAIMANA CARANYA???

MENJADI ANAK SHOLEH…. BAGAIMANA CARANYA???

BismillahOleh : Ustad Fahrul Nur Hidayah, S.Pd.I

Salah satu cita-cita kita sebagai seorang anak adalah menjadi anak sholeh yang bisa membanggakan orang tua kita… tapi bagaimana caranya ya agar kita bisa menjadi anak sholeh?

1. Belajar tauhid aqidah

Tauhid adalah hal yang penting yang harus kita kenal sejak kecil. Tauhid merupakan landasan Islam. Apabila seseorang benar tauhidnya, maka dia akan mendapat keselamatan dunia akhirat. Sebaliknya, tanpa tauhid orang akan jatuh dalam kesyirikan dan akan menemui kecelakaan di dunia dan kekekalan di dalam adzab neraka. Na’udzubillah….

Tauhid itu sendiri pada dasarnya mengenal Allah sebagai Tuhan kita yang tidak ada duanya dan Muhammad saw sebagai Rasul Nabi kita. Jika kita belajar tauhid kita bisa mencontoh orang-orang disekeliling kita seperti orang tua dan ustadz ustadzah dimulai dari menjalankan ibadah sholat dan doa-doa harian yang Rasulullah saw ajarkan kepada kita dalam hadits-hadits yang sohih.

Mau tidak kalu kita dimasukkan surga-Nya Allah SWT?

Kita akan mendapatkan semua jawaban dari apa yang kita lakukan kelak ketika kita mau yang pertama, mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW, belajar serta mengamalkan Al-Quran, belajar tentang kehidupan Rasulullah SAW dalam beribadah dan berakhlak. Perlu diingat bahwa apapun yang kita lakukan sesungguhnya Allah SWT Maha Melihat, Maha Mengawasi, Maha Memperhatikan.

2. Menunaikan ibadah sesuai syariat Islam.

Kita sebagai anak diibaratkan kertas putih yang bisa ditulis dengan tulisan apa saja. Oleh karena itu kertas itu haruslah ditulis dengan tulisan atau coretan-coretan yang baik agar kita menjadi anak yang baik. Mengisi kertas itu dengan cara kita melaksanakan apa yang orang tua kita laksanakan terutama mengenai masalah ibadah. Kita mencontoh apa yang dicontohkan oleh ustadz ustadzah yang diajarkan disekolah. Kita melakukan kewajiban kita kepada Allah. Kita juga harus memilih teman yang bisa memberikan coretan yang bagus pada kertas putih yang kita miliki. Meski awalnya susah, tapi coretan-coretan yang baik pasti akan menghasilkan karya yang baik. Setuju tidak?

Sholat merupakan Ibadah yang pertama kali dihisab dihari kiamat kelak, apabila sholat kita baik maka akan berdampak baik pada perilaku kita yang lain dari mulai sikap disiplin, jujur, rendah hati,  sholat merupakan bentuk cinta kita kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.  Sholat kita yang lima waktu bernilai sama dengan lima puluh waktu yang tadinya Allah wajibkan atas kita. Sudah tau belum?

Maka dari itu meski kadang kita malas untuk melakukan ibadah, kita paksakan dulu agar nantinya ibadah-ibadah tersebut akan menjadi kebiasaan baik bagi diri kita dan jangan lupa belajar supaya ibadah kita berdasarkan apa yang Allah SWT dan Rasulullah SAW perintahkan.

3. Belajar Al-Quran, Hadits, serta Doa dan Dzikir

Mari kita syukuri diri kita karena berada di lingkungan yang menuntut kita untuk menghafal Al-Quran, Hadits, dan Doa. Coba kita lihat teman-teman sekeliling kita di luar lingkungan kita, apakah mereka paham doa sebelum makan? Apakah mereka tahu doa sebelum tidur? Belum tentu kan. Maka dari itu mumpung kita berada dilingkungan yang baik kita manfaatkan, kita hafalkan Al-Quran, Hadits, serta Doa dan Dzikir.

Tau tidak? Anak yang menghafalkan Al-Quran maka dia akan memberikan mahkota raja pada orang tuanya di akhirat nanti. Mau kan orang tua kita seperti itu? Makanya kita harus rajin menghafal Al-Quran.

Hadits yang kita pelajari juga penting agar kita tidak salah mencoretkan kertas putih kita, dan doa serta dzikir kita panjatkan agar kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah.

4. Belajar Adab dan Akhlaq yang Mulia

Setelah kita belajar Al-Quran dan Hadits, yuk mari kita berusahaha untuk mengamalkannya,  dengan membiasakan diri mengamalkan sedikit demi sedikit dari pelajaran yang telah kita dapat.  Kita sebagai anak harus membiasakan diri kita dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan positif, seperti makan dengan tangan kanan, mengucap basmalah sebelum makan, menjaga kebersihan, mengucap salam, makan sambil duduk, dan masih banyak lagi. Selain itu kita juga harus bisa berlatih berkata jujur, berbakti pada orang tua kita, dermawan kepada sesama, menghormati orang yang lebih tua serta menyayangi orang yang lebih muda.

Jika kita punya hewan peliharaan dan tanaman, maka kita harus merawat dan menjaga mereka dengan baik, karena mereka juga adalah makhluk ciptaan Allah sama seperti kita.

Gimana, siap jadi anak sholeh????

Harus siap.. mulai dari sekarang kita ubah hidup kita, kita gores kertas putih kita dengan hal-hal positif.

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com