Rabu, 24 oktober 2018 seluruh siswa level 5 SD Al Irsyad 01 Purwokerto mengadakan kegiatan menggundang tokoh yang berjudul berkarya melalui tulisan. Endah Kusumaninggrum M.Pd atau kak endah biasa ia disapa diundang sebagai narasumber pada acara mengundang tokoh ini. Acara yang dimoderatori oleh ustadah arini ini dibuka dengan acara perkenalan oleh kak Endah dengan menceritakan pengalamannya sebagai penulis dan pembaca puisi, kak Endah juga menceritakan pengalamannya selama menjadi seorang penulis dan pembaca puisi berkat karya dan bakatnya ia dapat keluar negeri seperti Thailand dan Malaysia, dari cerita pengalamannya siswa-siswa begitu terlihat antusias dan termotivasi untuk berkarya melalui tulisan, mungkin hal seperti ini belum mereka ketahui bahwa dengan tulisan akan memberikan berbagai kesempatan dan pengalaman.

Kesempatan bertemu kak Endah ini juga dimanfaatkan para siswa untuk bertanya tentang cara penulisan cerita yang baik. Kak Endah terlihat begitu antusias dan bersemangat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para siswa. Menurut kak endah menulis adalah cara melatih siswa untuk lebih kreatif karena dalam menulis kita memerlukan daya imaginasi agar menghasilkan tulisan – tulisan yang baik.

Setelah acara Tanya jawab para siswa mencoba membuat tulisan berupa cerita pendek atau yang biasa disebut cerpen. Isi cerita yang ditulis siswa pun bermacam-macam sesuai dengan imajinasi para siswa seperti kelinci yang baik hati, tolong menolong antar teman, dll . semua siswa berusaha menulis cerita terbaik yang mereka bisa, dan harapan kedepannya adalah para siswa dapat berkreasi dan dapat mengembangkan karya dan bakat mereka melalui tulisan. Karena dengan menulis siswa dapat mengeluarkan pendapat dengan cara yang bijak, belajar merangkai kata, dan dapat menyalurkan imajinasi/khayalan dengan cara yang positif. (Gita Oktavianti, S.Kom)