Membaca Membuatku Pintar

“Ustadzah, nanti aku mau membeli buku tentang transportasi.”

“Kalau aku ingin membeli buku kisah dalam al quran”

“Aku mau membeli buku apa ya?” Celoteh anak-anak pagi itu… Ada yang sudah yakin dengan rencananya namun ada juga yang masih bingung.

Jumat, 1 Pebruari 2013 siswa kelas 2 SD Al Irsyad 01 mengadakan wisata buku ke Toko Buku Gramedia. Meskipun sudah rutin diselenggarakan setiap tahun, kegiatan ini selalu dinantikan oleh anak-anak. Merupakan kegembiraan mereka, saat dapat berkunjung ke toko buku bersama teman-teman sekolah dan ustadzah.

Kegiatan diawali dengan muraja’ah QS Al ‘Alaq. Subhanallah, Allah pun menurunkan ayat pertama untuk Nabi Muhammad perintah untuk membaca. Ini berarti bahwa membaca merupakan hal yang sangat penting. Membaca sangat bermanfaat bagi kita, banyak pengetahuan yang kita peroleh dari membaca. Ada ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia. Hal ini sangat tepat, dengan membaca buku seolah-olah kita dapat melihat isi dunia. Buku yang mungil dapat menyimpan informasi yang sangat banyak tentang pengetahuan. Luar biasa.

Salah satu upaya untuk memotivasi siswa agar cinta membaca adalah dengan program wisata buku. Siswa yang awalnya kurang tertarik terhadap buku, ketika melihat teman lain antusias mencari buku-buku yang disukai akhirnya mulai mendekat, melihat gambar sampulnya kemudian membuka-buka halamannya, akhirnya tersenyum ketika mendapati sesuatu yang menarik dalam buku tersebut.

Sebelumnya anak-anak disuguhi permainan sulap. Sulap di toko buku? Ternyata bukan sembarang sulap, tetapi itu merupakan salah satu percobaan sains. Dan pengetahuan tersebut bisa diperoleh dari membaca buku. Hal ini semakin membuat anak-anak antusias untuk mencari buku tentang pengetahuan. Mereka memilih buku yang hendak dibeli dengan bimbingan ustadzah. Anak-anak juga bebas membaca buku yang mereka sukai sampai puas. Karena asyik membaca buku, tak terasa waktu sudah siang, saatnya berkemas-kemas untuk kembali ke rumah. Semoga kebiasaan membaca dapat terus dipupuk dan bisa mereka tularkan pada adik dan kakak di rumah, agar kegiatan membaca dapat lebih mengasyikkan.

Aku suka membaca karena membaca membuatku tahu banyak hal!

Nur Azizah

SD Al Irsyad 01