Outbound merupakan suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Sekolah Unggulan SD Al Irsyad 01 Purwokerto mencoba untuk selalu memberikan edukasi terbaik bagi siswa. Selain mengunggulkan aspek akademik dan religius, komitmen SD Al Irsyad 01 Purwokerto dibidang motorik sangat diperhatikan. Wujud dari komitmen tersebut adalah mewadahi kegiatan seperti outbound secara rutin di setiap tahunnya. Rabu, 23 Januari 2019, siswa kelas 1 SD Al Irsyad 01 Purwokerto beramai ramai menuju tempat wisata alam “Buken” yang terletak di kecamatan Sumbang, Banyumas.
Pagi hari pukul 07.00 WIB seluruh siswa kelas 1 berkumpul di perkiraan wisata Buken. Mereka diantar oleh orang tua masing-masing. Sebelum mengikuti kegiatan inti permainan, siswa dan guru bersama sama melakukan kegiatan dzikir pagi, murajaah surat Al Qur’an, dan senam untuk peregangan.
Kegiatan dilanjut dengan memulai berbagai permainan yang telah disediakan. Naik perahu, bola pingpong diatas bambu, koran ajaib, train Ball, buldozzer, dan pipa bocor menjadi permainan di outbound kali ini. Selain permainan tersebut, siswa diperkenalkan dengan kegiatan berenang di kolam renang. Pada pembelajaran tema 8 nanti siswa diharapkan memiliki kompetensi seperti berjalan diperairan dan menyelam. Untuk itu outbound bisa dijadikan langkah awal untuk memperkenalkan hal tersebut. (Rian)