DOWNLOAD BUKU

Motivasi Hari Ini

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup... Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan allah sebagai tujuan hidup."

"Hidup juga perjuangan. Setiap kita akan dinilai dari apa yang telah kita perjuangkan.. Apa yang sudah kita perjuangkan selama ini?."

Program Level

1| 2| 3| 4| 5| 6|

Tugas Online

Link Pendidikan

Pengunjung

0249
Visit Today : 1
Visit Yesterday : 1
Total Visit : 249
Who's Online : 1

MASAK BESAR DI KELAS 5

Cooking Day

                Sabtu yang cerah dan ceria. Dalam rangka memperdalam pengetahuan siswa yang telah diperoleh di sekolah dan mengimplementasikannya dalam kehidupan nyata, maka cooking day (sehari memasak di sekolah) merupakan salah satu kegiatan yang dipilih oleh level 5 SD Al Irsyad 01 untuk mencapai hal tersebut.

                “Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengeksplorasi kemampuan belajar anak, agar mereka mengetahui secara langsung tentang pengolahan salah satu makanan  khas banyumas yaitu “Kupat Tahu”.  Selain itu, hal tersebut juga memperdalam wawasan tentang makanan sehat, mempraktekkan kegiatan memasak di sekolah, serta menumbuhkan sikap senang mencoba dan bekerjasama diantara para siswa”. Penjelasan ustadz Alex Nanang Agus Sifa, S. Fil selaku kepala sekolah SD Al Irsyad 01 Purwokerto.

                Kegiatan Cooking Day kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu 18 April 2015, bertempat di halaman  kelas dan di dalam kelas 5 SD Al Irsyad 01 Purwokerto, Gedung selatan dengan mengambil tema “Melestarikan Makanan Khas Banyumas”. Kegiatan ini diikuti oleh 135 siswa dari kelas 5, dengan dikoordinatori oleh ustadzah Musyarofah sebagai tutor saat memasak, dan penanggung jawab kegiatan adalah wakil kepala sekolah level 5 ustadzah Nur Aisyah Amini, S.Si.

                Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB, setelah berdoa tiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang masing-masing sudah berbagi tugas membawa berbagai macam perlengkapan memasak, kemudian masing-masing saling membagi tugas, ada yang mengupas bawang, ada yang menghaluskan bumbu, ada yang menggoreng tahu, ada yang menggoreng kerupuk, ada yang mencuci bahan-bahannya, ada yang memotong bawang merah, ada yang memotong sayuran, ada yang menata mangkuk dan piring saji di meja. Saat semua bahan telah siap, semua bersama meracik kupat tahu dengan penuh semangat, dan pada akhirnya menyantapnya bersama-sama dengan gembira.

                “Asik banget ya teman-teman kalau  acara cooking day kayak gini, jadi tahu deh kalau masak itu ternyata ribet banget ya… kirain gampang tinggal taruh-taruh aja, apa lagi kupat tahu  kan salah satu makanan kesukaanku…” ucap salah satu siswa. Kegiatan menyenangkan  itu selesai pada pukul 10.30  WIB, kemudian semua siswa bekerjasama membereskan perlengkapan memasak dan lingkungannya sehingga rapi kembali seperti sebelumnya. Ini juga untuk melatih para siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan cinta kebersihan.

Diposkan oleh pada tanggal 22 Apr 2015. Dalam kategori Berita. 23 views. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com