MOS Ketahanan Sekolah

 

mos siswa baru2

mos

mos siswa baru

mos2

SELAMA tiga hari (17–19/7), seluruh siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti kegiatan orientasi ketahanan sekolah. Kegiatan awal tahun ajaran baru ini menekankan pentingnya siswa memahami SOP seluruh kegiatan di sekolah.

“Orientasi ini berlaku untuk semua siswa, namun penyajiannya disesuaikan dengan tahap perkembangan psikologi siswa,” ungkap ustaz Sudrajat, S.Sos kepala sekolah.

Siswa-siswa pun tampak antusias menyambut kegiatan orientasi ini, selain karena mereka memasuki kelas baru, juga karena kegiatan orientasi ini dikemas dengan menyenangkan.

Menurut ustaz Sudrajat, kegiatan awal masuk sekolah ini sangat tepat untuk mengenalkan sekolah beserta beragam kegiatannya. Siswa baru dikenalkan dan siswa lama diingatkan kembali tentang adab, peraturan, dan larangan yang berlaku di lingkungan sekolah. Mulai dari keberangkatan, selama di sekolah, sampai dengan kepulangan.

“Orientasi kali ini bertujuan menciptakan ketahanan sekolah. Dengan harapan, semua aktifitas di sekolah dapat terpantau dan berjalan dengan tertib dan menyenangkan,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan terciptanya ketahanan sekolah yang baik, maka orang tua pun percaya dan tidak perlu merasa khawatir, karena beragam hal negatif dapat diantisipasi dan dicegah.

Satu diantara SOP yang kembali dikuatkan adalah SOP wudhu dan sholat. Tampak setiap kelas dibagi menjadi empat kelompok siswa. Masing-masing kelompok didampingi guru, lalu mulai mempraktikkan adab keluar kelas, wudhu, masuk masjid, salat, zikir, sampai keluar masjid dan menuju kelas kembali.[Izzah]

sekolah_terbaik