Mengikuti perjalanan tim sepak bola SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, Izzul Islam, dalam mengikuti pertandingan O2SN bayak sekali lika-likunya. Yang masing-masing tahapnya bisa diambil hikmah dan pelajaran tersendiri baik bagi ananda maupun pelatih dan pendampingnya. Betapa tidak, banyak pepatah yang sudah didengar, banyak pantun yang sudah lewat di telinga, akan tetapi baru kali ini bisa diresapi makna sebenarnya karena mengalaminya langsung, bahwa ‘Orang pintar kalah sama Orang Bejo’.
Begitulah kira-kira yang bisa digambarkan dalam perjalanan di O2SN, pelajaran yang bisa dipetik bahwa skill dan kemampuan bukanlah segalanya, ada faktor lain yang turut menentukan hasil akhir pertandingan. Hali ini dibuktikan dalam beberapa pertandingan yang sudah dilewati sampai akhirnya sampai ke final yaitu 3 tim, lalu dijadikan Trofeo, semua menjagokan Tim Izzul Islam SD Al-Irsyad 1 menjadi sang juara. Dikarenakan di semua laga Tim yang dikoordinatori oleh Coach Monti Novianto, S.Pd.OR ini bermain dengan tanpa kebobolan sama sekali dan menyerang pertahanan lawan terus, hampir 10 tendangan kegawang dilakukan dalam 1 pertandingan.
Namun fakta di lapangan tersebut tidak menjamin apapun, karena pada akhirnya diujung laga Tim ini kalah 1-0 dan pertandingan ke 2 seri. Hal tersebut menempatkan tim yang semula dijagokan ini diposisi ke 3. Alhamdulillah ala kuli hal, menjadi pengalaman buat anak-anak agar giat latihan kembali. Pelajaran yang bisa diambil dan ditanamkan dalam pertandingan ini adalah, dalam hal apapun kita harus siap untuk menjadi pemenang dan juara sebagaimana kita juga harus siap ketika tidak mendapatkan kemenangan dan menjadi juara. Betapa sportifitas dalam olah raga adalah pembelajaran mentalitas yang sangat berharga dan tak ternilai. (Monti Novianto)