Sabtu, 23 Januari 2021  SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengadakan acara mengundang tokoh  via zoom meeting yang diikuti oleh siswa level 5 pada pukul 10.00 yang menghadirkan Kak Nassirun Purwokartun (Penulis Buku Babad Banyumas) sebagai narasumber. Acara yang berlangsung selama 1 jam 30 menit tersebut Kak Nassirun menjelaskan tentang sejarah berdirinya Kabupaten Banyumas.

Cerita dimulai dari kisah diangkatnya Raden Jaka Kaiman menjadi Adipati Wirasaba pada tanggal 27 Ramadhan Tahun 978 Hijriah bertepatan dengan tanggal 22 Februari 1571  hari dan tanggal itu tertulis dalam Babad Banyumas yang disimpan di Dusun Kalibening, Desa Dawuhan yang menjadikannya sebagai hari lahir kabupaten Banyumas.

Raden Jaka Kaiman menjadi Adipati Banyumas selama 11 tahun sejak tahun 1571 sampai tahun 1582. Kak Nassirun menceritakan sejarah Kabupaten Banyumas sampai kisah Raden Jaka Kaiman meninggal dan dimakamkan yang berada di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas.

Sejarah berdirinya Kabupaten Banyumas diceritakan Kak Nassirun menggunakan media gambar dan cerita tertulis sehingga selama Kak Nassirun menjelaskan siswa dapat melihat dan mendengar cerita yang disampaikan dengan menarik dan jelas. Sehingga siswa dapat belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan meskipun tidak bertemu secara langsung.

Selain ilmu yang bermanfaat yang didapatkan para siswa pada acara mengundang tokoh kali ini, siswa juga dapat mengikuti kuis berhadiah yang berisikan pertanyaan seputar sejarah berdirinya Kabupaten Banyumas yang telah disampaikan oleh Kak Nassirun sebagai motivasi dan mengetahui pemahaman siswa terkait sejarah yang telah disampaikan (Usth Gita).