Hidroponik di Level 5

 

Gambarhidro

Gambar374

Memanfaatkan pojokan halaman yang notabene kurang berfungsi maksimal untuk sesuatu yang menarik dan bermanfaat merupakan salah satu ide kreatif dari siswa-siswi kelas 5 SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO.  Mereka memanfaatkan pojokan halaman yang berada dibawah tangga untuk menanam tanaman sayuran dengan cara hidroponik. Hidroponik adalah system menanam tanaman yang tidak menggunakan tanah, melainkan menitik beratkan pada kecukupan unsur hara dan air.  Dalam menerapkan system hidroponik ini dipilihlah tanaman sawi dengan pertimbangan kemudahan dan manfaatnya.

Dengan perasaan riang gembira setiap pagi tiga kali sepekan sehabis murojaah, siswa-siswi kelas 5 ini melaksanakan program unggulan level 5 ini, mulai dari pembibitan, penyemaian, persiapan media tanam, pemupukan dan perawatan sampai nanti pada saat pemanenan, mereka lakukan sendiri dengan bimbingan dari wali kelas masing-masing. Hanya pembuatan rak bersusun saja yang dibantu dibuatkan oleh K5 (penjaga sekolah).  Menanam dengan system Hidroponik ini mempunyai banyak kelebihan dari sisi pertanian, tapi kita tidak sedang membicarakan pertanian disini. Karena kegiatan menanam ini berada di lingkup pendidikan maka beberapa target yang hendak dicapai adalah habbit forming untuk siswa. Pembiasaan menanam dan merawat tanaman ini terbukti mampu membentuk softskill siswa diantaranya kesabaran, ketelatenan, menumbuhkan kasih sayang terhadap makhluk, memupuk kepedulian terhadap  lingkungan.  Syukur-syukur mereka bisa mengembangkan lebih jauh lagi menjadi agrobisnis misalnya. Siapa tahu.

Program unggulan ini adalah program yayasan dimana setiap level harus mempunyai program unggulan yang berbeda-beda. Yang tujuannya adalah siswa mempunyai kegiatan yang positif yang konsepnya dari, oleh dan untuk mereka. Insyaalloh dengan dukungan sekolah, orang tua dan motivasi siswa itu sendiri kita bisa mewujudkan pendidikan yang terintegrasi yang sesuai dengan kebutuhan riil di masa depan. Amiin. (Imalia)