Banyak sekali bahan alam yang bisa digunakan untuk dijadikan karya. Salah satunya adalah pemanfaatan cangkang telur yang bisa digunakan sebagai hiasan pigura dan mozaik.
Jumat, 25 Januari 2019, seluruh siswa kelas 1 SD Al Irsyad 01 Purwokerto menggarap prakarya dengan bahan dasar dari alam yaitu cangkang telur. Sesuai dengan pembelajaran yang terdapat pada buku tema 5 semester 2 kelas 1 dimana siswa diajarkan untuk mengasah kreatifitasnya melalui pembuatan sebuah karya.
Cangkang telur digunakan sebagai bahan utama untuk membuat pigura dan mozaik. Selain cangkang telur, kertas karton dan lem kayu juga disiapkan. Pada pembuatan pigura. Langkah awal adalah menyediakan kertas karton yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran foto. Selanjutnya, cangkang kulit telur yang sudah bersih dan kering di potong kecil kecil kemudian ditempel pada kertas karton menggunakan lem kayu. Terakhir adalah mengeringkan cangkang telur yang sudah tertempel.
Untuk pembuatan mozaik cangkang telur, langkah langkahnya tidak jauh berbeda dengan membuat pigura tadi. Yang membedakan adalah bentuk yang dihasilkan. Jika pada pigura cangkang ditempel mengelilingi pinggir pigura, maka pada pembuatan mozaik cangkang telur akan mengikuti pola gambar Yang telah disediakan.
Seusai kegiatan, siswa dilatih secara mandiri untuk menyimpan dengan baik hasil karya dan membersihkan tempat yang telah digunakan untuk membuat prakarya. (Rian)