Kenapa Harus Berbuat Baik???

Kenapa Harus Berbuat Baik ???

0756

Pernahkah kalian membantu pekerjaan saudara kita atau teman kita yang sedang kesusahan? pasti pernah! Hal tersebut adalah perbuatan terpuji dan sangat baik. Jika perbuatan baik tersebut dilakukan dan menjadi kebiasaan, Allah akan memberikan hikmah dan ilmuNya sebagai balasan berbuat baik. Allah swt tidak pernah memerintahkan umatNya untuk saling bermusuhan, membunuh atau saling merusak milik orang lain, baik terhadap sesama muslim maupun milik orang lain yang bukan muslim. Allah swt memerintahkan manusia untuk menyembahNya bukan menyekutukanNya dengan sesuatu. Dengan begitu marilah kita selalu berlomba-lomba berbuat baik kepada sesama makhluk Allah khususny manusia. Menolong atau meringankan penderitaan orang lain adalah salah satu bentuk dari perbuatan baik dan termasuk kewajiban.

Berbuat baik kepada orang lain, tidak hanya bermanfaat bagi orang lain. Adapun manfaat terbesar yang didapatkan saat berbuat baik pada orang lain adalah bagi kita sendiri. Manfaat terbesar itulah yang disebut dengan kebahagiaan. Saat berbuat baik kepada orang lain, hati kita menjadi lebih bahagia. Dan tidak ada yang dapat mengalahkan indahnya hidup selain bahagia.

Nah, bagaimana bisa bahagia kalau belum berbuat baik?

Ada 5 manfaat berbuat baik kepada orang lain yang mengantarkan kita pada kebahagiaan.

1. Menciptakan Kenyamanan Hati

Saat kita berbuat baik pada orang alin ada perasaan senang, bangga dan nyaman. Pada dasarnya manusia selalu ingin bermanfaat bagi orang lain, seperti halnya senyum, memberikan sedekah, akan sangat membuat hati kita nyaman dan tentram.

2. Lebih menghargai diri sendiri

Berbuat baik kepada orang lain bukan hanya berarti kita menghargai orang tersebut, namun juga berarti kita menghargai diri kita sendiri. Menghargai diri sendiri sebagai makhluk social akan memiliki banyak teman dan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.

3. Mempererat Hubungan

Dengan kita berbuat baik tentu akan mempererat hubungan dengan orang lain, disitulah akan muncul rasa saling menghargai, memberi dan saling membutuhkan.

4. Menghidarkan stress

Orang yang berbuat baik kepada orang lain tidak akan pernah merasa stres tetapi cenderung merasa bahagia. Karena mereka memiliki banyak teman yang sering membantu

5. Menularkan kebaikan yang lain

Saat kita berbuat baik pada orang lain, makaakan muncul perasaan untuk melakukan kebaikan- kebaikan pula. Tidak hanya itu, orang lain yang menyaksikan kita berbuat baik, juga akan tertular untuk melakukan kebaikan. Energi positif yang ia lihat tertular ke dalam dirinya sehingga ia berusaha untuk berbuat baik kepada orang lain.

Begitulah 5 manfaat berbuat baik kepada orang lain. Perbuatan baik akan dibalas dengan dengan kebaikan. Itu akan menguntungkan para pelaku baik. Sedangkan perbuatan buruk akan dibalas dengan keburukan.

Masih banyak keuntungan berbuat baik yang jemari ini tak mampu untuk menuliskannya.Marilah kita selalu berbuat baik, selagi jatah oksigen masih ada. Begitu banyak alasan kenapa kita harus berbuat baik. Dari yang banyak itu, mari kita luruskan niat semata-mata mengharap ridhaNya. Tak ada yang lebih membahagiakan dari mendapat ridhaNya.

(Dwi Setyani Puspitasari, S.Pd.I.)