Kantin sehat di sekolah sangat diperlukan agar anak-anak tidak jajan sembarangan jika tak membawa bekal dari rumah. Sayangnya, tak banyak kantin yang memenuhi syarat untuk disebut sebagai kantin sehat. Apa saja syaratnya?

  1. Tidak menjual jajan yang tidak memenuhi kualifikasi sehat, seperti yang mengandung zat berbahaya atau mikroba.
  2. Higienis dan sanitasi
  3. Tidak memberi keleluasaan pada anak untuk mengambil jajanan sendiri
  4.  Penjaga kantin harus tahu benar jajan dan produsen yang menitipkan barang dagangan di kantinnya, baik kualitas dagangan dan cara pengolahannya.

Dari deskripsi diatas SD Al Irsyad 01 purwokerto bekerjasama dengan Puskesmas Purwokerto Timur II melakukan pemeriksaan dengan mengambil beberapa sampel makanan dari pedagang yang menitipkan daganganya dikantin sekolah dan Alhamdulilah hasilnya negative untuk kateri

  • Formalin                    (-)
  • Borak                          (-)
  • Pemanis buatan      (-)
  • Pewarna buatan      (-)

Disamping itu para penjamah makanan ataupun petugas kantin sudah mengikuti kegiatan dan pelatihan higieni sanitasi makanan yang diadakan oleh puskesmas purwokerto Timur II, mereka juga sudah memakai atribut sesuai dengan persyaratan seperti :

  • Pakaian bersih dan rapi
  • Memakai penutup kepala (jilbab)
  • Kuku selalu bersih
  • Memakai celemek

Kantin sekolah SD Al Irsyad 01 juga sudah dilengkapi dengan etalase sebagai pembatas antara siswa dengan makanan, mereka sudah tidak bisa mengambil makanan sendiri melainkan harus diambilkan oleh petugas kantin. Hal ini tentu menjadi nilai tambah karena sekolah sangat memperhatikan tentang kebersihan makanan untuk anak didiknya. Sedangkan masih banyak sekolah di indonesia yang kurang memperhatikan higieni, mereka seperti membiarkan anak anak untuk jajan sembarang ditempat terbuka, komposisi makanan yang tidak sehat, dan masih banyak hal lain yang perlu dibenahi. Semoga anak – anak Indonesia menjadi penerus bangsa yang sehat. Sekian dan terimakasih. By Heni “��EhB