Jamasuke Dari Siswa Kelas 1

KREASI DARI JAGUNG

DSC_0064

Sebagai insan yang berada di lingkungan pendidikan sudah seharusnya seorang guru mengajarkan kreativitas kepada murid-muridnya. Hal tersebut dilakukan oleh guru-guru kelas 1 SD Al Irsyad 01 Purwokerto, yaitu mengkreasikan bahan dasar jagung manis dipadukan dengan mentega, susu kental manis, keju dan meses “jamasuke”. Sedangkan kulit jagungnya akan dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan di minggu berikutnya.

Kegiatan tersebut diadakan hari Sabtu, 1 Agustus 2015 di halaman belakang SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Anak-anak sangat antusias dibantu wali kelas membuat “jamasuke” mulai proses pemisahan jagung dari kulitnya sampai siap saji.

DSC_0066

Untuk membuat “jamasuke”, siswa harus memisahkan kulit jagung sampai bersih, setelah itu di cuci dibawah air mengalir. Jagung manis kemudian dipisahkan dari banggolnya dan dikukus. Saatnya penyajian, jagung di campur mentega diatasnya dibubuhkan keju parut, susu, dan mesis.

Selain tampilan dan rasa yang memikat camilan ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk anak usia pertumbuhan seperti sumber anti oksidan yang baik, vitamin B kompleks, serat tinggi, serta kaya akan mineral penting (www.tipscaramanfaat.com). Proses pembuatannyapun sangat mudah sehingga “jamasuke” bisa dibuat oleh ibu-ibu wali siswa sebagai camilan sehat dan bergizi di rumah. (Tri Lulus)